ANALISIS PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK JARINGAN HEWAN KELAS XI IPA SEMESTER I DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009

DIYANA KHALIDA - NIM. 04451083, (2010) ANALISIS PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK JARINGAN HEWAN KELAS XI IPA SEMESTER I DI MADRASAH ALIYAH MA'ARIF BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK JARINGAN HEWAN KELAS XI IPA SEMESTER I DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENILAIAN BERBASIS KELAS PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI MATERI POKOK JARINGAN HEWAN KELAS XI IPA SEMESTER I DI MADRASAH ALIYAH MA’ARIF BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN AJARAN 2008/2009)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)

Abstract

Penilitian ini menggunakan desain penelitian eksploratif dengan Subjek penilitiannya adalah Guru mata pelajaran biologi dan Siswa kelas XI IPA. Teknik pengumpulan datanya peneliti mengunakan observasi langsung, angket, wawancara, dan dokumentasi. Di dalam pelaksanaan wawancara peneliti menggunakan interview guide (panduan wawancara). Untuk mengukur validitas instrumen peneliti mengunakan validitas isi. Proses analisis data dalam penelitian ini peniliti menggunakan analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman yang di jelaskan dalam tiga tahapan : 1) Reduksi data (data reduction), 2) Penyajian data (data display), dan 3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi (conlusion drawing and verification). Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Pelaksanaan penilaian berbasis kelas di Madrasah Aliyah Ma'arif Borobudur pada aspek afektif menggunakan bentuk observasi perilaku dengan kriteria pelaksanaan cukup. Aspek psikomotorik menggunakan bentuk observasi keterampilan dengan kriteria pelaksanaan kurang. pada aspek kognitif ada empat bentuk penilaian, Pertama, menggunakan bentuk merangkum materi dengan kriteria pelaksanaan baik. Kedua, ujian semester. Ketiga, ulangan pokok mata pelajaran, dan Keempat, kuis dengan kriteria pelaksanaan ketiganya cukup. 2) Hasil penilaian berbasis kelas pada aspek afektif melalui penilaian perilaku dengan hasil penilaian sudah baik. Aspek psikomotorik melalui penilaian keterampilan hasil penilaian kurang, dan aspek kognitif penilaian melalui merangkum materi dengan hasil penilaian baik, sedang penilaian melalui ujian semester, ulangan harian dan kuis hasil penilaian cukup. 3) Faktor penghambat penilaian berbasis kelas berasal dari faktor eksternal adalah Faktor sekolah dan guru, dan Faktor internal berasal dari dalam diri siswa yaitu; minat, motivasi dan mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Suhardi, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Penilain Berbasis Kelas, Biologi, Jaringan Hewan.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 28 Aug 2012 18:10
Last Modified: 13 Dec 2016 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3860

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum