PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA

KUBENI - NIM. 05140040, (2010) PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI SISWA TERHADAP SARANA DAN PRASARANA PERPUSTAKAAN MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana perpustakaan madrasah aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, dengan subjek penelitian siswa dan objek penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana perpustakaan madrasah aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 370 orang, dari populasi tersebut diambil sampel berdasarkan rumus Arikunto, didapat sampel berjumlah 92 orang. Pengambilan sampel menggunakan metode sampling aksidental. Teknik pengumpulan datanya yaitu dengan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Hasil penelitian secara keseluruhan adalah sarana dan prasarana perpustakaan madrasah aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta berada dalam kategori baik (62, 6 %), akan tetapi pada indikator gedang perpustakaan sekolah ini dalam kategori tidak luas dan tidak strategis ( siswa yang menyatakan tidak luas sebesar 63,0%) dan ( siswa yang menyatakan tidak strategis sebesar 52,2%). Demikian halnya dengan aspek kuantitas sarana dan prasarana yang dimiliki perpustakaan sekolah tersebut kurang memadai (62,0%). Selain itu persepsi siswa terhadap sarana dan prasarana perpustakaan MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta pada indikator perlengkapan ( perabot ) perpustakaan pada aspek kualitas adalah baik, kecuali rak majalah ( siswa yang menyatakan tidak baik sebesar 43,5% ). Pada aspek penataan perlengkapan ( perabot ) juga berada Mdalam kategori tidak sesuai, tetapi ada 4 ( empat) jenis perlengkapan yang berada dalam kategori sesuai penataanya yaitu meja baca ( siswa yang menyatakan sesuai sebesar 56,6%), rak surat kabar ( siswa yang menyatakan sesuai sebesar 52,2% ), ,rak atlas ( siswa yang menyatakan sesuai sebesar 48,9% ), dan yang terahir rak kamus ( siswa yang menyatakan sesuai sebesar 63,0%), sedangkan warna mebiler ,pada perpustakaan MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta berada dalam kategori seragam atau baik 46,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Nurdin Laugu, S.Ag, SS, M.A,
Uncontrolled Keywords: persepsi, siswa, sarana dan prasarana perpustakaan.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 04 Sep 2012 16:03
Last Modified: 13 Oct 2015 08:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4106

Actions (login required)

View Item View Item