APLIKASI METODE MEMBACADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS IV SD QURROTA A'YUN BABADAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA

SARTIMAH - NIM. 96423365, (2010) APLIKASI METODE MEMBACADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS IV SD QURROTA A'YUN BABADAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (APLIKASI METODE MEMBACADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS IV SD QURROTA A'YUN BABADAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (611kB) | Preview
[img] Text (APLIKASI METODE MEMBACADALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR BAHASA ARAB PADA KELAS IV SD QURROTA A'YUN BABADAN GEDONG KUNING YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)

Abstract

Tujuan SD Qurrota A'yun adalah menyeimbangkan antara IPTEK dan IMTAK atau menyeimbangkan pengetahuan umum dan diniyah. Dan yang menjadi tujuan pengajaran bahasa si SD tersebut adalah agar dapat dihasilkan kemampuan siswa secara tulis dan lisan baik secara aktif maupun pasif. Pengajaran bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah bertujuan agar murid dapat menguasai secara aktif perbendaharaan kata Arab fusha sebanyak lebih kurang 300 kata dan ungkapan dalam bentuk dan pola kalimat dasar, dengan demikian murid diharapkan dapat mengadakan komunikasi sederhana dalam bahasa Arab dan memahami bacaan-bacaan sederhana dalam teks itu. Yang menjadi subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah SD Qurrota A'yun, guru bidang studi bahasa arab, karyawan tata usaha, siswa kelas IV, dan penelitian ini merupakan penelitian populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode interview, metode kuesioner, metode dokumentasi, dan metode test. Untuk menganalisa data yang bersifat kuantitatif menggunakan rumus statistic dalam bentuk table frekuensi dan prosentasi dengan menggunakan rumus. Sedang untuk data kualitatif dianalisa menggunakan kata-kata dengan memakai metode induktif. Dalam pengajaran membaca terdapat metode pokok yang diterapkan pada SD Qurrota A'yun yaitu: 1. Metode Takibiyah yang terdiri dari dua metode yaitu metode abjadiyah yakni guru mengajarkan bahasa arab dari huruf hijaiyah kemudian dirangkai dalam kata-kata, dan metode shoutiyah yakni guru mengajarkan bahasa arab dengan penekanan pada pengajaran bunyi. 2. Metode tahliliyah terdiri dari dua metode yaitu metode kalimah yakni guru mngucapkan kata dengan jelas kemudian siswa menganalisa kata tersebut sambil dieja sampai siswa memahami secara keseluruhan, dan metode jumlah yakni guru mendikte kalimat pendek dan siswa menulisnya kemudian menyuruh siswa menirukan guru secara bergantian. Hasil belajar yang dicapai siswa kelas IV SD Qurrota A'yun atas penerapan metode membaca menunjukkan hasil cukup, yang dibuktikan dari hasil test membaca siswa dengan nilai rata-rata 6.83. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Ahzab Muttaqin
Uncontrolled Keywords: aplikasi metode membaca, belajar mengajar, bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 31 Jan 2013 16:33
Last Modified: 05 Apr 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4761

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum