UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL JIGSAW

SITI AMINAH - NIM. 05450017, (2011) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI MELALUI MODEL JIGSAW. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (972kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran biologi melalui model jigsaw pada materi pokok jamur pada siswa kelas X3 MAN Gandekan Bantul dan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar biologi pada tiap siklusnya. Penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas X3 MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2009/2010. Data-data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi kognitif siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar angket motivasi belajar siswa untuk data motivasi dan lembar soal pre-test dan post-test untuk data prestasi siswa. Analisis data untuk motivasi belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Sedangkan untuk data prestasi diperoleh dari effec size, yaitu selisih antara rerata post test siklus I dengan rerata pos-test siklus I. Hasil analisis motivasi siswa terjadi peningkatan rerata dari siklus I dengan siklus II. Prestasi siswa mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata post test siklus II dibanding siklus I sebesar 2,2. Dengan demikian, penerapan model jigsaw dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X3 MAN Gandekan Bantul tahun ajaran 2009/2010. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Satino M.Si
Uncontrolled Keywords: Jigsaw, LKS, Motivasi, Prestasi, Biologi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:44
Last Modified: 09 Dec 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5191

Actions (login required)

View Item View Item