PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DESA PUNDUNGSARI KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL

SITI INDRAWATI - NIM. 07140090, (2011) PERSEPSI PEMUSTAKA TERHADAP KUALITAS JASA LAYANAN PERPUSTAKAAN KELILING DI DESA PUNDUNGSARI KECAMATAN SEMIN KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (724kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi pemustaka terhadap kualitas jasa layanan perpustakaan keliling di Desa Pundungsari Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul dan untuk mengetahui harapan pemustaka terhadap kualitas jasa layanan perpustakaan keliling yang diinginkan. Subjek penelitian adalah pemustaka di Desa Pundungsari Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul, sedangkan obyek penelitiannya adalah layanan perpustakaan keliling. Populasinya diambil dari pemustaka yang telah menjadi anggota perpustakaan keliling sejumlah 504 orang yang berada di Desa Pundungsari Kecamatan Semin Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan sampel penelitian diambil dari 10 % dari populasi yaitu sebanyak 50 orang. Pengambilan data dilakukan dengan riset lapangan yang terdiri dari dokumentasi, observasi, dan angket. Pengukuran skor untuk pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam angket dilakukan dengan menggunakan Skala Likert dan untuk mengukur kualitas layanan penulis menggunakan 5 dimensi Service Quality (Servqual) sebagai berikut: (1) kehandalan (reliability), (2) jaminan (assurance), (3) daya tanggap (responsiveness), (4) empati (empathy) dan (5) bukti langsung (tangibles). Langkah berikutnya adalah dengan menganalisa datanya dengan menggunakan Program SPSS. Berdasarkan pengolahan dan analisa data dengan Servqual per kriteria dapat diketahui bahwa persepsi pemustaka terhadap kualitas jasa layanan perpustakaan keliling secara keseluruhan memiliki nilai tinggi. Kriteria yang memiliki nilai tertinggi adalah dari Dimensi Emphaty dengan nilai 3,95, sedangkan kriteria yang memiliki nilai terendah adalah dari Dimensi Tangible (3,69), sehingga kriteria-kriteria dalam Dimensi Tangible sangat perlu atau lebih diprioritaskan untuk dilakukan perbaikan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Marwiyah, S.Ag., SIP., M.Lis.,
Uncontrolled Keywords: Kualitas Layanan, Perpustakaan Keliling.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jul 2013 16:25
Last Modified: 13 Oct 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5544

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum