EKSPERIMENTASI MEDIA HADIQOTUL KALIMAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs AL HASAN BANJARSARI KAB. CIAMIS

FAYUMI HASAN - NIM. 06420026 , (2011) EKSPERIMENTASI MEDIA HADIQOTUL KALIMAH DALAM PEMBELAJARAN MUFRODAT BAHASA ARAB DI KELAS VII MTs AL HASAN BANJARSARI KAB. CIAMIS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar materi Mufrodat kelompok eksperimen (kelompok siswa yang menggunakan media Hadiqotul Kalimah) dengan kelompok kontrol (kelompok siswa yang tanpa menggunakan media Hadiqotul Kalimah) pada siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah Al-Hasan Banjarsari Kab.Ciamis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII tahun pelajaran 2009-2010 sebanyak 67 siswa yang terdiri dari dua kelas. Jumlah siswa pada kelompok eksperimen sebanyak 33 siswa, sedangkan pada kelompok kontrol sebanyak 34 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode test, interview, observasi dan dokumentasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang bertitik tolak dari anggapan bahwa semua gejala yang diamati dapat diukur dalam bentuk angka. Untuk perhitungan analisis data menggunakan program SPSS 13 For Windows. Pada Pengkajian Instrumen menggunakan uji Validitas dan Reliabilitas. Hasil uji Validitas menunjukkan dari 20 butir soal test seluruhnya terbukti valid, sedangkan hasil dari pengujian realibilitas untuk kelompok eksperimen memperoleh koefisien korelasi sebesar 0,734 sedangkan kelompok kontrol memeperoleh koefisien korelasi sebesar 0,737. Kemudian hasil dari perhitungan uji t antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen menujukan perbedaan yang signifikan. Perolehan skor rata-rata post test pada kelompok kontrol adalah sebesar 69,0294 sedangkan pada kelompok eksperimen sebesar 79,5129. Adapun peningkatan yang terjadi pada kelompok eksperimen adalah sebesar 18, 2945 sedangkan pada kelompok kontrol hanya sebesar 5,9118. Berdasarkan nilai hasil post test yang telah diperoleh siswa dalam pembelajaran Mufrodat dengan menggunakan media Hadiqotul Kalimah, dapat disimpulkan bahwa siswa sudah dapat mencapai setandar ketuntasan yang ditetapkan di Madrasah Tsanawiyah Al-Hasan Banjarsari Kab.Ciamis. Adapun standar ketuntasan yang ditetapakan adalah dengan jumlah nilai 60. Hasil utama yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) perpaduan yang berbeda yang digunakan untuk menyajikan bahan ajar kepada siswa akan berpengaruh kepada pemahaman siswa. Hasil penelitian ini mendukung gagasan dalam dual coding theory. Hasil penelitian ini menyatakan kepada kita bahwa ketika informasi disajikan melalui perpaduan verbal dan visual, kita akan mengingat informasi tersebut lebih banyak dibandingkan ketika informasi tersebut disajikan melalui teks saja. 2) ada perbedaan yang signifikan antara pembelajaran mufrodat dengan menggunakan media Hadiqotul Kalimah, dengan pembelajaran mufrodat tanpa media Hadiqotul Kalimah. Penelitian ini dianggap penting karena hasilnya diharapkan dapat membantu para penulis materi multimedia untuk memilih perpaduan media yang tepat disesuaikan dengan semua tipe gaya belajar ketika mendesain pembelajaran bahasa Arab berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Drs.H. Zaenal Arifin Ahmad, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Media Hadiqotul Kalimah
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5768

Actions (login required)

View Item View Item