PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

ARDIAN KUSUMA - NIM. 07140019 , (2011) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (335kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SMP N 1 BANTUL TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA BELAJAR SISWA TAHUN PELAJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Pemanfaatan perpustakaan oleh siswa sangat erat kaitannya dengan proses belajar yang diselenggarakan oleh sekolah. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Bantul, dengan tujuan mengetahui adakah pengaruh pemanfaatan perpustakaan SMP N 1 Bantul terhadap prestasi belajar siswa pada tahun pelajaran 2009/2010. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas delapan dan sembilan SMP N 1 Bantul tahun pelajaran 2010/2011 yang berjumlah 608 siswa. Ukuran sampel adalah 10% dari populasi sebanyak 61 siswa diambil secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan korelasi product moment dan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 17. Hasil penelitian menunjukan bahwa pemanfaatan perpustakaan SMP N 1 Bantul oleh siswa secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik, terbukti dengan nilai grand mean sebesar 3,16. Juga pemanfaatan perpustakaan menunjukan pengaruh yang signifikan pada prestasi belajar. Hal tersebut ditunjukan oleh nilai t hitung sebesar 2.012 dan nilai signifikansi sebesar 0,049. Oleh karena nilai t hitung t tabel (=2,00), maka dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dan nilai signifikansi yang diketahui sebesar 0,049 ( 0,05) menegaskan bahwa pengaruh yang diberikan oleh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa di sekolah pada tahun pelajaran 2009/2010 adalah signifikan (nyata). Mengacu dari hasil penelitian tersebut, maka peneliti dapat mengajukan saran yaitu agar perpustakaan lebih diintensifkan dalam mendorong prestasi belajar dan kegiatan belajar mengajar dikelas diarahkan untuk mendorong optimalisasi peran perpustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Hj. Sri Rohyanti Zulaikha, S.Ag.,SIP.,M.Si.
Uncontrolled Keywords: Perpustakaan Sekolah, Prestasi Belajar
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2013 12:11
Last Modified: 13 Oct 2015 01:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5876

Actions (login required)

View Item View Item