EVALUASI KEDALAMAN KOLEKSI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DENGAN METODE CONSPECTUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA

KEN RETNO YUNIWATI - NIM. 08141163, (2011) EVALUASI KEDALAMAN KOLEKSI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DENGAN METODE CONSPECTUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EVALUASI KEDALAMAN KOLEKSI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DENGAN METODE CONSPECTUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI KEDALAMAN KOLEKSI BIDANG PENDIDIKAN DASAR DENGAN METODE CONSPECTUS DI PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (354kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kedalaman koleksi bidang Pendidikan Dasar dengan menggunakan metode conspectus. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode evaluasi yang dipakai adalah metode conspectus, dengan objek penelitian koleksi cetak bidang Pendidikan Dasar, yang berdasarkan Klasifikasi DDC berada di klas 372. Koleksi cetak ini meliputi jenis koleksi buku teks, koleksi referensi dan koleksi periodikal yang berupa jurnal hardcopy. Sampel penelitian ditetapkan berdasarkan Tabel Krejcie, sebanyak 169 judul dari populasi 300 judul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedalaman koleksi bidang Pendidikan Dasar berada pada kisaran level 2 dan 3b. Level 2 (Basic Information Level) berarti bahwa secara umum kedalaman minimal koleksi bidang Pendidikan Dasar Perpustakaan UMS merupakan bahan literatur utama (core material) untuk mendefinisikan suatu subjek yang mencakup bahan rujukan utama dan karyakarya yang dapat memberikan penjelasan lebih lanjut seperti buku teks, buku-buku kajian historis dari perkembangan suatu subjek, karya-karya umum yang berkaitan dengan topik-topik utama pada suatu subjek yang dilengkapi dengan tabel, skema dan ilustrasi, serta berupa jurnal-jurnal ilmiah terseleksi. Sedangkan level 3b (Study/Instructional Support Level - Advance) berarti bahwa kedalaman maksimal koleksi bidang Pendidikan Dasar yang ada mencakup jurnal-jurnal utama dari topik-topik primer dan sekunder dari suatu subjek, bahan literatur retrospektif penting, literatur subtantif yang memberikan kedalaman kajian untuk kepentingan riset dan evaluasi, akses menuju pangkalan data CD ROM, dan sudah memadai untuk program sarjana dan magister. Diskripsi kekuatan koleksiNYA adalah 34 judul buku teks berada pada level 3, 4 judul koleksi referensi jenis handbook berada pada level 2, dan 7 judul koleksi periodikal (journal hardcopy) berada pada level 3b. Cakupan bahasa lebih banyak mengarah pada kode I (Indonesia) dan F (Selected Non-Indonesia Languages). Hal ini berarti bahwa sebagian besar koleksi berbahasa Indonesia, dan koleksi sejenis dalam bahasa lain (dalam hal ini bahasa Inggris) tersedia secara terseleksi untuk melengkapi dan mendukung koleksi dalam bahasa Indonesia tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: M. Solihin Arianto, S.Ag., SIP., M.LIS.
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Koleksi, Kedalaman Koleksi, Metode Conspectus, Pendidikan Dasar
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 07 Feb 2013 18:42
Last Modified: 13 Oct 2015 09:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum