IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS

MIPTAHUDIN, NIM. 04430979 (2011) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS )
I, V, DAFTAR P.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text ( IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SQ4R (Survey, Question, Read, Recite, Record, Review) SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui aktivitas siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah I Depok Sleman dalam implementasi metode pembelajaran SQ4R pada pembelajaran matematika; 2) Mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah I Depok Sleman setelah implementasi metode pembelajaran SQ4R. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) secara kolaboratif dan partisipatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah I Depok Sleman dan 1 guru mata pelajaran matematika sebagai kolaborator. Objek penelitian ini adalah keseluruhan proses implementasi metode pembelajaran SQ4R. Desain penelitian ini menggunakan model spiral Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian terlaksana dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali evaluasi. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi, hasil evaluasi/tes siklus, hasil angket aktivitas siswa, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Setelah diimplementasikan metode pembelajaran SQ4R, aktivitas siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah I Depok Sleman dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya rata-rata persentase hasil observasi aktivitas siswa. Secara kuantitif, peningkatan partisipasi siswa terlihat dari peningkatan rata-rata persentase hasil observasi aktivitas siswa, pada siklus I yaitu sebesar 52,38 % dengan kategori sedang, siklus II sebesar 72,02 % dengan kategori tinggi; 2) Hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya persentase siswa yang mencapai KKM, hasil pra tindakan menunjukkan sebesar 50% siswa mencapai KKM, siklus I sebesar 57,69% siswa mencapai KKM, dan pada siklus II 73,08% siswa mencapai KKM. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Muchammad Abrori, S.Si, M.Kom, 2. Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, SQ4R, Aktivitas Siswa, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2013 07:30
Last Modified: 14 Dec 2016 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6385

Actions (login required)

View Item View Item