PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA

ARI FATMAWATI AISYAH - NIM. 08141165, (2011) PENGARUH INTENSITAS PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini: (1) Untuk mengetahui intensitas pemanfataan perpustakaan bagi mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta; (2) Untuk mengetahui kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta.; (3) Untuk membuktikan ada tidaknya pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap kemandirian belajar pada mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sampel mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta sebanyak 94 mahasiswa Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan perhitungan korelasi product moment untuk menetahui seberapa besar pengaruh intensitas pemanfaatan perpustakaan terhadap kemandirian belajar mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa intensitas pemanfaatan perpustakaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemandirian belajar. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa indikator intensitas pemanfaatan perpustakaan pada nilai 2,88 hasil ini mengindikasikan perpustakaan telah cukup diakses tetapi relatif belum secara penuh pemanfaatannya. Kemandirian pada nilai 3,09 mengindikasikan mahasiswa akuntansi yang menjadi responden penelitian memiliki kemandirian belajar yang baik atau di atas nilai kecukupan. Dari hasil perhitungan korelasi product momen diperoleh nilai korelasi antara X dan Y adalah sebesar 0,2993. Angka korelasi ini tidak terlalu tinggi yang mengindikasikan bahwa kemandirian belajar tidak hanya dipengaruhi oleh intensitas pemanfaatan perpustakaan semata. Sementara, dari hasil pengukuran dengan alat statistik diketahui nilai ini signifikan pada tingkat kesalahan 5% di mana uji t statistiknya adalah sebesar 3,0091. Nilai ini menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dua variabel tersebut dan memiliki besaran positif. Berdasarkan kesimpulan tersebut maka perpustakaan diharapkan meningkatkan keanekaragaman koleksi pustaka dan senantiasa memperbaharuinya juga meningkatkan promosi sehingga mahsiswa lebih tertarik untuk berkunjung ke perpustakaan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Umar Sidiq, SIP., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: pemanfaatan perpustakaan, kemandirian belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6450

Actions (login required)

View Item View Item