HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PURWOREJO

NOVI KHOIRUNNISA - NIM. 7140005, (2011) HUBUNGAN PEMANFAATAN KOLEKSI PERPUSTAKAAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 3 PURWOREJO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini permasalahannya bertumpu pada seberapa besar tingkat pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah oleh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Purworejo, bagaimana prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Purworejo, dan apakah ada hubungan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Purworejo. Tujuannya adalah untuk untuk mengetahui seberapa besar tingkat pemanfaatan koleksi perpustakaan oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Purworejo, untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Purworejo dan untuk mengetahui hubungan antara pemanfaatan koleksi perpustakaan sekolah dan prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Purworejo. Untuk membahas permasalahannya peneliti menggunakan metode pengumpulan data dengan menggunakan observasi, angket dan dokumentasi. Pengambilan sampel diambil dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Purworejo tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 164 siswa yang terbagi dalam 6 kelas dengan menggunakan teknik random sampling, pengambilan sampelnya dilakukan dengan rumus Yamane, yang setelah itu diperoleh 62 siswa dan diambil dengan cara undian. Teknik analisis data menggunakan rumus Korelasi Product Moment dan rumus Mean. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pemanfaatan koleksi perpustakaan diperoleh nilai rata-rata 3,2 yang termasuk dalam kategori baik, dan untuk prestasi belajar siswa diperoleh rata-rata 82,02 yang termasuk dalam kategori sangat baik, sedangkan hubungan antara pemanfaatan koleksi dengan prestasi siswa diperoleh koefisien korelasi yang signifikan yaitu diperoleh amp;#1050446; amp;#1051627; amp;#1051628; sebesar 0,306 dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 0,2107. Dari koefisien korelasi tersebut disimpulkan bahwa hipotesis ada hubungan pemanfaatan koleksi dengan prestasi belajar siswa diterima. Berkaitan dengan itu penulis memberi saran hendaknya siswa lebih meningkatkan frekuensi kunjungan ke perpustakaan dan frekuensi peminjaman koleksi perpustakaan div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Umar Sidik, S.IP, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: perpustakaan sekolah, pemanfaatan perpustakaan
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6473

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum