PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008)

Annisa Sayyid, NIM. 06.233.363 (2008) PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008))
BAB I, BAB V.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview
[img] Text (PERLINDUNGAN KONSUMEN PADA PRODUK DAN JASA INVESTASI PERBANKAN SYARI’AH MENURUT PERSPEKTIF FIQH EKONOMI ISLAM (STUDI KASUS DI BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA) (PERIODE JULI 2007-FEBRUARI 2008))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (514kB)

Abstract

Ciri utamanya abad 21 adalah kompetisi bebas, di mana selalu ada yang menang dan kalah. Kompetisi bebas ini telah menyebabkan timbulnya persaingan. Di tengah ketatnya persaingan, tidak semuanya berjalan mulus dan lancar. Keadaan ini memaksa kemungkinan terjadi banyaknya pelanggaran dan penyimpangan yang dilakukan oleh berbagai pihak yang bisa merugikan pihak lain. Salah satunya adalah konsumen. Sehingga sangat diperlukan perlindungan terhadap konsumen. Perlindungan konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberi perlindungan kepada konsumen. Berbicara tentang perlindungan konsumen berarti membicarakan jaminan atau kepastian tentang terpenuhinya hak-hak konsumen. Perlindungan konsumen ini sangat penting guna mencegah tindakan-tindakan pelanggaran konsumen. Salah satu jenis bidang hukum perlindungan konsumen adalah bidang investasi perbankan syari’ah. Nasabah atau investor selaku konsumen produk dan jasa investasi perbankan syari’ah mempunyai hak-hak yang harus dipenuhi dan dilindungi. Hak ini muncul dari perjanjian antara pihak manajemen bank dan nasabah akibat adanya akad transaksi produk barang dan jasa investasi. Namun dalam kenyataannya, hak tersebut banyak yang tidak terpenuhi dan terabaikan. Pelanggaran-pelanggaran hukum perlindungan konsumen ini jelas sangat bertentangan dengan landasan teoritisnya yaitu peraturan-peraturan resmi yang berlaku di Indonesia yang menyatakan bahwa hak-hak investor selaku konsumen produk dan jasa investasi tersebut harus dipenuhi. Anehnya, di negara Republik Indonesia ini kita seperti dipaksa untuk mengakui dan menyaksikan eksistensi penegakan hak konsumen menjadi “barang mewah dan langka” yang sulit untuk digapai. Ironisnya, justru hal ini terjadi di negara kita yang dikenal sebagai negara yang berdasarkan hukum (Rechtstaat). Oleh karena itulah perlindungan konsumen sangat dibutuhkan tak terkecuali para investor. Perlindungan konsumen ini merupakan fenomena baru yang sangat menarik untuk dikaji dan diteliti. Hal ini memberikan kesempatan kepada penyusun untuk menemukan konsep baru tentang perlindungan konsumen terutama pada bidang hukum investasi perbankan syari’ah. Untuk lebih aplikatif dan nyata serta untuk lebih mengetahui secara mendalam mengenai perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi perbankan syari’ah maka kami korelasikan dengan perbandingan yang terjadi di lapangan, yaitu di Bank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta. Kajian ini merupakan kajian yang bersifat kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan yang bersifat eksploratif-analitik dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fiqh ekonomi Islam yang berhubungan dengan masalah perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi perbankan syari’ah. Penelitian ini bersifat eksploratif-analitik dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara), kuesioner (angket) dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, maka diperolehlah hasil penelitian bahwa secara keseluruhan perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi perbankan syari’ah di Bank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta sudah terlaksana dengan baik yaitu dengan terlindunginya beberapa hak nasabah atau investor selaku konsumen produk dan jasa investasi perbankan syari’ah dalam proses awal investasi, pengelolaan dana investasi serta pembagian keuntungan investasi. Selain itu juga ditemukan beberapa bentuk perlindungan konsumen. Ada satu hak yang belum terlindungi secara maksimal yaitu hak untuk mendapatkan penyelesaian hukum, begitu pula bentuk perlindungannya, juga belum ditemukan bentuk perlindungan dalam mendapatkan advokasi dan penyelesaian sengketa. Ini dikarenakan sengketa atau klaim nasabah yang ditujukan kepada pihak bank dapat diselesaikan secara damai dan kekeluargaan. Selain itu, ini juga disebabkan beberapa hal yaitu kurang maksimalnya upaya aplikasi UU Perlindungan Konsumen di lapangan, kurangnya dukungan pemerintah, adanya hambatan yuridis, adanya ketidakjelasan bidang dan orientasi implementasi perlindungan konsumen di lapangan, ketidaktahuan investor selaku konsumen produk dan jasa investasi tentang hakhak mereka sebagai konsumen, adanya sikap tidak peduli dan acuh tak acuh para investor terhadap hak-hak mereka sebagai konsumen, investor selaku konsumen produk dan jasa investasi tidak mau mengajukan tuntutan hukum, serta adanya tarik-menarik berbagai kepentingan di antara para pelaku usaha. Perlindungan konsumen pada produk dan jasa investasi perbankan syari’ah di Bank Syari’ah Mandiri cabang Yogyakarta juga sudah sesuai dengan hukum ekonomi Islam dan memenuhi standar legitimasi syari’ah Islam dalam bidang ekonomi, yang didasarkan pada dengan kaidah-kaidah ekonomi Islam yang berdasarkan pada sumbernya yaitu al-Qur’an, Sunnah, serta dalil-dalil fiqih.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Prof.Dr. H. Abd. Salam Arief, M. A.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 23 Jan 2013 18:59
Last Modified: 16 Apr 2015 09:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/6818

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum