KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM MENGAKSES INFORMASI

ADMIKO SUHARTO, NIM. 09141026 (2013) KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM MENGAKSES INFORMASI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM MENGAKSES INFORMASI)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KEMAMPUAN LITERASI INFORMASI PEMUSTAKA DI DIREKTORAT PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA DALAM MENGAKSES INFORMASI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (912kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi informasi pemustaka di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dalam mengakses informasi. Ada 3 (tiga) sub variabel untuk mengetahui kemampuan literasi informasi pemustaka yaitu: 1. Access (mengakses informasi secara efektif dan efisien), 2. Evaluation (mengevaluasi dan menganalisis informasi), dan 3. Use (menggunakan informasi). Untuk mengetahui hal ini penulis menggunakan standar literasi informasi model Guidelines on Information Literacy for Lifelong Learning yang dikeluarkan oleh International Federation of Library Associations and Institutions (IFLA). Sebagai subjek penelitian adalah Anggota Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia yang aktif pada Tahun Akademik 2012/2013 sebanyak 5.462 orang, adapun untuk menentukan jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus dari Bilson Simmamora sehingga didapatkan sampel sejumlah 100 orang responden, yang digunakan sebagai sampel pengambilan data. Data dikumpulkan dengan melakukan observasi, melihat dokumentasi, dan dengan penyebaran kuesioner (angket) sebagai instrumen utama. Dalam analisis data, penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: nilai rata-rata pada sub variabel access (mengakses informasi secara efektif dan efisien) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,09 dan 3,06 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Nilai rata-rata pada sub variabel evaluation (mengevaluasi dan menganalisis informasi) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,26 dan 3,09 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Adapun nilai rata-rata pada sub variabel use (menggunakan informasi) terdiri dari 2 (dua) indikator yang masing-masing indikator mendapat nilai 3,17 dan 3,08 hal ini pada nilai rata-rata dapat dikategorikan baik. Dengan hasil seperti di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi informasi pemustaka di Direktorat Perpustakaan Universitas Islam Indonesia dalam mengakses informasi termasuk dalam kategori baik. Meski demikian hasil penelitian ini memperlihatkan masih ada hal yang perlu diperhatikan, yaitu pada kemampuan pemustaka dalam mengakses informasi secara efektif dan efisien, menunjukkan hasil yang kurang maksimal. Untuk itu saran dari peneliti, Direktorat Perpustakaan seyogyanya menyelenggarakan pendidikan pemakai sebagai penambah keterampilan literasi informasi pemustaka dalam rangka menyikapi era informasi yang berkembang sangat pesat. Kata kunci: Literasi Informasi, Pemustaka

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Literasi Informasi, Pemustaka
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Ilmu Perpustakaan (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 19 Nov 2013 02:26
Last Modified: 13 Oct 2015 04:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/9490

Actions (login required)

View Item View Item