PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA SAAT IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2007-2010

WINDA ARLIANA, NIM. 08390104 (2012) PENGARUH MANAJEMEN LABA, LEVERAGE, DAN UKURAN PERUSAHAAN PADA SAAT IPO (INITIAL PUBLIC OFFERING) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN YANG TERMASUK DALAM DAFTAR EFEK SYARI’AH TAHUN 2007-2010. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (878kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti empiris tentang nilai perusahaan pada saat Initial Public Offering (IPO) yang diprediksi melakukan manajemen laba. Adanya asymetri informasi yang menyertai kebijakan IPO terjadi akibat tindakan manajemen perusahaan yang bersifat oportunistik untuk melakukan manipulasi terhadap kinerjanya dengan melakukan manajemen laba. Pada penelitian ini informasi laporan keuangan seperti manajemen laba, leverage dan ukuran perusahaan akan diteliti perngaruhnya terhadap nilai perusahaan pada saat IPO. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, digunakan untuk menguji pengaruh manajemen laba, leverage dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada saat IPO. Mendeteksi perusahaan yang melakukan manajemen laba dilihat dari nilai discretionary accrual. Sampel diambil dengan menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria perusahaan yang listing di Daftar Efek Syariah yang melakukan IPO pada periode tahun 2007-2010 diluar perusahaan sektor perbankan dan lembaga keuangan sejenis. Berdasarkan kriteria tersebut, maka sebanyak 50 perusahaan terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh perusahaan sampel terbukti melakukan manajemen laba pada saat IPO. Asymetri informasi yang terjadi saat IPO memungkinkan perusahaan melakukan manajemen laba untuk mendapatkan reaksi pasar yang positif. Variabel manajemen laba tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan saat IPO, Alasannya adalah karena investor tidak merespon perusahaan yang melakukan manajemen laba. Variabel leverage tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan saat IPO, karena investor menganggap bahwa perusahaan yang tingkat hutangnya tinggi memiliki risiko yang tinggi pula. Variabel ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan saat IPO pada tingkat signifikansi 5%. Hasil ini konsisten dengan dugaan bahwa semakin besar ukuran perusahaan, maka semakin tinggi keyakinan investor akan kemampuan perusahaan dalam memberikan tingkat pengembalian investasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Slamet Haryono, Se., M. Si., Akt.
Uncontrolled Keywords: Manajemen Laba, Leverage, Ukuran Perusahaan, Nilai Perusahaan, Initial Public Offering (IPO)
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 14 Mar 2014 14:56
Last Modified: 29 Sep 2016 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10728

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum