EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA

AKHMAD AFENDI , NIM. 05430038 (2012) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif antara pengunaan metode pembelajaran discovery learning dengan metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar matematika kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta. Materi yang diajarkan adalah pokok bahasan perbandingan trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi exsperiment) yang menggunakan pretest-posttest control group design. Variabel dalam penelitian ini meliputi variabel bebas berupa penggunaan metode pembelajaran discovery learning, variabel terikat berupa hasil belajar, dan variabel kontrol berupa materi dan guru mata pelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 90 siswa yang terdiri 3 kelas yaitu 2 kelas otomotif dan 1 kelas tatabusana. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik purposive sampling dengan subjek kelas, ditentukan kelas X-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data penelitian dilakukan menggunakan tes yang meliputi pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t (independent sampel t-test) dengan taraf signifikansi 5 %. Pengujian data dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 16. Hasil penelitian ini diketahui bahwa keamampuan awal siswa sama, yang ditunjukkan dengan memiliki mean 25, 96 untuk kelas eksperimen dan 25, 90 untuk kelas kontrol dari hasil pretest dan setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda mengalami kenaikan mean yaitu 57,12 untuk kelas eksperimen dan 41, 50 untuk kelas kontrol dari hasil posttest. Dari hasil uji-t perbedaan rata-rata dengan tingkat signifikan 0,05 diperoleh sig (1-tailed)= () = , = 0,00 < 0,05 adalah 0,00. Karena 0,00 < 0,05 maka Ho ditolak, artinya rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran discovery learning lebih baik dari rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal iniberarti penggunaan metode pembelajaran discovery leraning lebih efektif dari pada metode pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: M.Farhan Qudratullah, M. Si
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Mar 2014 15:01
Last Modified: 22 Jan 2016 13:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/10778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum