KONSEP HUMANISME ISLAM MUHAMMAD ARKOUN DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM

MUCHAMAD AGUS MUNIR, NIM . 10411052 (2014) KONSEP HUMANISME ISLAM MUHAMMAD ARKOUN DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP HUMANISME ISLAM MUHAMMAD ARKOUN DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSEP HUMANISME ISLAM MUHAMMAD ARKOUN DAN AKTUALISASINYA DALAM PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Muchamad Agus Munir. Konsep Humanisme Islam dan Aktualisasinya dalam Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2014. Skripsi ini mengkaji pemikiran Muhammad Arkoun tentang humanisme Islam dan aktualisasinya dalam pendidikan Islam. Pembahasan ini dilatarbelakangi oleh maraknya tradisi keagamaan yang sekedar berkutat pada ritual, serta kungkungan logosentrisme yang masih menaungi umat Islam. Sehingga tidak bisa menunjukkan sikap kepedulian terhadap realitas sosial. Padahal berbagai kesenjangan banyak terjadi di tengah masyarakat muslim, seperti neokolonialisme sebagai efek panjang globalisasi kapitalisme. Selain itu juga sikap umat Islam yang terkesan menolak kepada kemodernan dan ilmu-ilmu yang berasal dari Barat, dengan anggapan bahwa kemodernan dan ilmu mutakhir hanya akan melahirkan kerancuan dalam berpikir, padahal pemisahan antara ilmu agama dan ilmu umum (Barat), hanya akan melahirkan sikap anti terhadap kemajuan peradaban. Pada saat keadaan semacam ini, dalam pendidikan Islam perlu dilakukan dekonstruksi-rekonstruksi agar dapat membentuk watak muslim yang sadar realitas dan berkomitmen dalam penegakan nilai-nilai kemanusiaan atau humanisasi. Rumusan masalah yang dimunculkan dalam penelitian adalah pertama, Bagaimana pemikiran Muhammad Arkoun tentang humanism Islam. Kedua, bagaimanakah aktualisasi konsep humanisme Islam Muhammad Arkoun dalam pendidikan Islam. Permasalahan tersebut dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif literer, atau penelitian kepustakaan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan filosofis dalam konteks kajian teoritis yang diurai secara mendalam dengan prinsip-prinsip berpikir filosofis. Sumber-sumber data utama diambil dari buku-buku karya Muhammad Arkoun dan beberapa buku yang mengkaji pemikiran Muhammad Arkoun sebagai penunjang. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembaruan Islam secara umum, dan dalam aspek pendidikan pada khususnya sangat urgen. Dari gagasan-gagasan Muhammad Arkoun, kita akan menemukan inspirasi besar mengenai pembaharuan pemikiran Islam yang menentang sikap pasrah kepada kebenaran yang dibakukan dan dinilai mapan dalam literature-literatur umat Islam. Maka penyadaran melalui historis-filosofis dalam kehidupan keagamaan perlu dilakukan untuk mempertajam rasa empati umat muslim terhadap keilmuan dan kesadaran akan makna, serta diharapkan mampu memberi kontribusi berarti dalam upaya pembebasan. Visi perubahan ini dilakukan melalui pendidikan, yang secara substantif dilaksanakan sebagai proses intelektualisme dengan memihak kepada bangunan keislaman dalam pengembangan keilmuan. Pembentukan kesadaran melalui pendidikan Islam juga harus senantiasa berlandaskan pada kesadaran ketuhanan sebagai realitas tertinggi tujuan hidup manusia agar tercipta pribadi yang dengan kematangan dan keselarasan antara intelektualitas dan spiritualitas. Ide-ide pendidikan islam dengan prinsip dekonstruksi-rekonstruksi adalah karakter utama pembaruan pendidikan Islam yang diaktualisasikan melalui pemikiran Muhammad Arkoun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Mar 2014 13:24
Last Modified: 28 Jul 2017 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11204

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum