DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA TRAUMA AKIBAT ERUPSI MERAPI (STUDI KASUS TIGA WARGA DUSUN JENGGLIK, DESA NGABLAK, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG)

SUMARNO , NIM. 08220006 (2014) DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA TRAUMA AKIBAT ERUPSI MERAPI (STUDI KASUS TIGA WARGA DUSUN JENGGLIK, DESA NGABLAK, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text ( DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA TRAUMA AKIBAT ERUPSI MERAPI (STUDI KASUS TIGA WARGA DUSUN JENGGLIK, DESA NGABLAK, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG) )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( DAMPAK PSIKOLOGIS PASCA TRAUMA AKIBAT ERUPSI MERAPI (STUDI KASUS TIGA WARGA DUSUN JENGGLIK, DESA NGABLAK, KECAMATAN SRUMBUNG, KABUPATEN MAGELANG) )
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak psikologis yang dirasakan oleh tiga warga Dusun Jengglik pasca trauma akibat erupsi Merapi dan upaya penanganan dari dampak psikologis pasca trauma. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif kasus dampak psikologis pasca trauma dari Siti Saniah, Mursono, dan Sulastri. Objek terhadap penelitian adalah dampak psikologis yang dirasakan dan cara penanganan pasca trauma yang dilakukan terhadap tiga warga Dusun Jengglik. Data berupa uraian tertulis berupa gangguan psikologis dan dianalisis secara deskriptif. Langkah awal dengan mendiskripsikan gambaran umum Dusun Jengglik dan profil subjek penelitian ditinjau dari latar belakang pendidikan, latar belakang agama, latar belakang ekonomi, dan dampak erupsi Merapi terhadap psikologis. Langkah berikutnya adalah menjelaskan dampak psikologis, dampak psikologis pasca trauma tiga korban erupsi Merapi, dan cara penanganan pasca trauma. Hasil penelitian menunjukkan dampak psikologis pasca trauma yang dialami oleh ketiga subyek yaitu selalu teringat akan peristiwa traumatik (intrussive re-experiencing) dalam dalam hal ini bencana erupsi Merapi. Sani mengalami kesadaran berlebih (arousal) yang menyebabkan dirinya mengalami gangguan tidur, avoidance, dan menghindari pembicaraan yang berhubungan dengan erupsi Merapi. Gangguan kesadaran berlebih yang dialami oleh Sulastri, dimana dirinya menjadi sulit untuk berkonsentrasi. Upaya penanganan dampak psikologis pasca trauma yang dilakukan adalah dengan memantapkan niat dan lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, aktifitas sosial kebudayaan, serta terapi dengan relaksasi dan permainan. .

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhsin, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Dampak psikologis, pasca trauma, erupsi Merapi
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Apr 2014 15:00
Last Modified: 27 Oct 2015 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11648

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum