MENDIDIK SPIRITUALITAS ANAK (TELAAH ATAS BUKU 10 PRINSIP SPIRITUAL PARENTING MENUMBUHKAN DAN MERAWAT CINTA ANAK-ANAK KARYA MIMI DOE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM)

BUDI ROHDIYANA RAHMAT , NIM. 96473422 (2002) MENDIDIK SPIRITUALITAS ANAK (TELAAH ATAS BUKU 10 PRINSIP SPIRITUAL PARENTING MENUMBUHKAN DAN MERAWAT CINTA ANAK-ANAK KARYA MIMI DOE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (MENDIDIK SPIRITUALITAS ANAK (TELAAH ATAS BUKU 10 PRINSIP SPIRITUAL PARENTING MENUMBUHKAN DAN MERAWAT CINTA ANAK-ANAK KARYA MIMI DOE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM))
BAB I. IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MENDIDIK SPIRITUALITAS ANAK (TELAAH ATAS BUKU 10 PRINSIP SPIRITUAL PARENTING MENUMBUHKAN DAN MERAWAT CINTA ANAK-ANAK KARYA MIMI DOE DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN KELUARGA DALAM ISLAM))
BAB II. III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Anak merupakan anugerah Ilahi bagi kedua orang tuanya, dan anak berhak memperoleh pendidikan yang sebaik-baiknya, baik secara intelektual maupun spiritualnya. Idealnya keluarga merupakan ujung tombak dalam pendidikan anak, namun hal tersebut pada masa ini banyak mengalami pergeseran karena arus modernisasi dan globalisasi yang berdampak negatif pada kualitas pola pengasuhan anak di tengah keluarga serta perkembangan mental dan spiritual anak. Buku karya Mimi Doe dan Marsha Walch yang dikaji dalam penelitian ini menawarkan seni mendidik yang baru, yaitu pendidikan melalui jalur spiritual. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan metode deskriptif analitis, dan pengumpulan data dilakukan melalui penelitian kepustakaan. Hasil penelitian ini adalah bahwa prinsip spiritual pareting menurut Mimi Doe dan Marsha Walch bahwa perbuatan atau tingkah laku yang baik yang diajarkan kepada anak merupakan pengalaman spiritual yang berkesan. Dari sepuluh prinsip spiritual parenting terdapat prinsip yang bertentangan dengan prinsip agama Islam (konsep tauhid), yaitu pengenalan akan keagungan dan kemurahan Tuhan yang mempersonifikasikan Tuhan dengan dzat yang lain. Hal lain adalah sifat pendidikan Islam berorientasi kepada dunia dan akhirat, sedangkan pada 10 prinsip spiritual parenting berorientasi kepada hal duniawi semata. Adapun prinsip-prinsip dalam buku ini yang sesuai dengan nilai-nilai Islam adalah bahwa kepercayaan akan hal-hal ghaib, penanaman pengamalan keagamaan sedini mungkin, mendidik anak adalah investasi berharga yang berimbalan syurga, dan orang tua berserah diri setelah mendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kata kunci: pendidikan spiritual, parenting, pengasuhan, pendidikan anak, keluarga
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 16 Apr 2014 18:51
Last Modified: 01 Mar 2017 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/11919

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum