PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SPA (SILATURRAHIM PECINTA ANAKANAK) YOGYAKARTA

MUH. FATKHUL ALI MUBASIR, NIM. 96413238 (2001) PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SPA (SILATURRAHIM PECINTA ANAKANAK) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SPA (SILATURRAHIM PECINTA ANAKANAK) YOGYAKARTA)
BAB I. V.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN METODE PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SPA (SILATURRAHIM PECINTA ANAKANAK) YOGYAKARTA)
BAB II. III. IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Salah satu hakekat seorang anak dalam perspektif Islam adalah amanat dari Alloh SWT untuk mengasuh dan mendidiknya. Pendidikan yang penting untuk diberikan kepada anak-anak adalah Pendidikan Agama Islam. Salah satu hal yang turut menentukan keberhasilan dalam proses Pendidikan Agama Islam bagi kalangan anak-anak adalah faktor metode. Salah satu lembaga yang concern terhadap pengembangan metode Pendidikan Agama Islam adalah SPA (Silaturrahim Pecinta Anak-Anak) yang mempunyai dua fungsi, yaitu sebagai laboratorium dakwah dan pendidikan untuk kalangan anak-anak. Salah satu metode yang dikembangkannya adalah metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih mendalam tentang metode PAI yang dikembangkan oleh SPA, serta untuk mengetahui proses sosialisasi metode yang dikembangkan tersebut ke masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan metode deskriptif analisis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa: 1) Mayoritas anak-anak muslim menyukai metode permainan, cerita dan nyanyian karena ketiga metode ini memberikan kesenangan. 2) Permainan, cerita dan nyanyian apabila dikemas dengan baik bisa dijadikan alternative untuk mendidik agama Islam pada anak-anak. 3) SPA telah mengembangkan metode PAI yaitu metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi) yang diperuntukkan bagi kalangan anak-anak muslim. 4) sosialisasi metode yang dikembangkan oleh SPA dilakukan dengan cara mencetak hasil karya tersebut untuk dijual dan mengadakan penataran dan pelatihan-pelatihan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Pendidikan Anak Dalam Islam, Silaturrahim Pecinta Anak atau SPA, metode BCM (Bermain, Cerita dan Menyanyi).
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Apr 2014 10:15
Last Modified: 28 Dec 2016 14:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12000

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum