PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI VEKTOR UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS X SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA

SENJA AYU HAPSARI , NIM. 09690001 (2013) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI VEKTOR UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS X SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI VEKTOR UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS X SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BRAILLE MATERI VEKTOR UNTUK SISWA TUNANETRA KELAS X SMA/MA INKLUSI DI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk: (1) menghasilkan modul fisika braille materi vektor untuk siswa tunanetra kelas X SMA/MA Inklusi sebagai sumber belajar mandiri, (2) mengetahui kualitas modul fisika braille materi vektor untuk siswa tunanetra kelas X SMA/MA Inklusi, (3) mengetahui respon siswa terhadap modul fisika braille yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R & D dengan model prosedural yang mengadaptasi dari pengembangan perangkat model 4-D, yakni Define, Design, Develop, and Disseminate. Instrumen penelitian berupa skala kualitas modul yaitu menggunakan skala likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Instrumen untuk siswa berupa skala respon siswa yaitu menggunakan skala likert yang dibuat dalam bentuk checklist. Modul dinilai kualitasnya oleh 3 ahli materi, 1 ahli media, dan 1 guru fisika MA. Kelayakan modul didasarkan pada respon siswa dari uji coba terbatas sebanyak 2 siswa dan uji coba luas sebanyak 3 siswa. Kualitas modul fisika braille materi vektor berdasarkan penilaian dari ahli materi memiliki kategori Sangat Baik (SB), ahli media memiliki kategori Baik (B), dan guru fisika MA memiliki kategori Baik (B). Persentase keidealan menurut ahli materi adalah 83.33%, menurut ahli media adalah 75.00%, dan menurut guru fisika MA adalah 78.85%. Respon siswa terhadap modul fisika braille pada uji coba terbatas dan uji coba luas memiliki kategori Sangat Setuju (SS), dengan persentase masingmasing 85.00% dan 91.67%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul layak dijadikan sebagai salah satu sumber belajar mandiri bagi siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Modul Fisika, huruf Braille, Materi Vektor, tunanetra.
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2014 10:35
Last Modified: 05 Feb 2016 10:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/12206

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum