INTEGRASI GENERAL LIFE SKILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA

BESTIANA NIZHOMI , NIM. 10480022 (2014) INTEGRASI GENERAL LIFE SKILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI GENERAL LIFE SKILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI GENERAL LIFE SKILL DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS V DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)

Abstract

Bestiana Nizhomi. Integrasi General Life Skill dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pelaksanaan integrasi general life skill dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan integrasi general life skill dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi dengan dua modus, yaitu dengan membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara dan membandingkan keadaan perspektif seseorang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan integrasi general life skill dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V di MIN Jejeran yaitu, guru mengintegrasikan general life skill dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran namun, pada perencanaan guru belum mengintegrasikan general life skill didalamnya. Maka dari itu, integrasi general life skill dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan belum terlaksana dengan baik. (2) Faktor pendukung pelaksanaan integrasi general life skill dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan kelas V MIN Jejeran yakni: (a) Faktor guru, meliputi pelaksanaan pembelajaran yang maksimal dan metode pembelajaran yang menarik (b) Faktor sarana dan prasarana yang memadai (c) Faktor kemandirian peserta didik. Faktor penghambatnya meliputi: (a) waktu pelaksanaan pembelajaran (b) Faktor keluarga yang kurang perhatian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 10 Jul 2014 15:51
Last Modified: 31 Jan 2017 14:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13545

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum