UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II MI AL IMAN KALIKUTO DENGAN METODE JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2013/2014

ULFATUL MUSYAROFAH , NIM. 12485230 (2014) UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II MI AL IMAN KALIKUTO DENGAN METODE JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II MI AL IMAN KALIKUTO DENGAN METODE JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN SISWA KELAS II MI AL IMAN KALIKUTO DENGAN METODE JIGSAW TAHUN PELAJARAN 2013/2014 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Materi Perkalian Siswa kelas II MI Al Iman Kalikuto Dengan Metode Jigsaw”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Dalam pembelajaran matematika, siswa harus dilibatkan secara mental, fisik, dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum matematika yang telah dipelajari. Jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep matematika dan akan berpengaruh prestasi belajar siswa. Di MI Al Iman Kalikuto dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan di kelas sehingga berpengaruh pada partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat, dan mencoba, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK)/classroom reserch. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas II MI Al Iman Kalikuto Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 25 siswa. Model PTK yang digunakan adalah teori dari Kemmis, S. dan Mc, Teggart, R. Dengan menggunakan 2 siklus , masing-masing terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapan. 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action), dan pengamatan, 3) refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data dan teknik tes, dan non tes. Instrumen penelitian menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu membandingkan data statistik antar siklus meliputi mean, nilai minimal, nilai maksimal dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan prestasi belajar matematika siswa kelas II MI Al Iman Kalikuto, Grabag, Magelang pada Kompetensi Dasar (KD) “ Perkalian Bilangan yang Hasilnya Bilangan Dua Angka “. Setelah menggunakan metode jigsaw nampak pada perbandingan nilai rata-rata matematika pada pra siklus, siklus 1, dan siklus 2 yakni 56,40, 65, 77,24, yang berarti ada peningkatan nilai rata-rata 88%. Kenaikan perbandingan nilai maksimal matematika pada kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 sebesar 56,40, 65, 77,24, ini menunjukkan adanya kenaikan nilai maksimal matematika dari kondisi awal, siklus1, dan siklus 2 yaitu 32%, 72 %, 88 %. Kenaikan dari kondisi awal ke siklus 1 sebesar 40% dan siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16 %. Sedangkan nilai minimal dengan persentase mengalami penurunan dari kondisi awal, siklus 1, dan siklus 2 yaitu, 68%, 28%, 12%, dengan ini menunjukkan katagori ketuntasan meningkat dan tidak tuntas menurun. Implikasi penelitian adalah sebagai bahan pertimbangan guru untuk menerapkan metode jigsaw pada pembelajaran matematika sesuai kompetensi dasar yang akan dicapai sehingga prestasi belajar siswa mencapai optimal. Bagi peneliti di bidang pembelajaran dan asesmen, dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan pengembangan penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Sri Sumarni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: PRESTASI BELAJAR, MATEMATIKA, METODE JIGSAW
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Oct 2014 08:24
Last Modified: 28 Feb 2017 11:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14044

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum