PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF JEKELING KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

BINTI SALAMAH, NIM. 13485229 (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF JEKELING KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF JEKELING KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MI MA’ARIF JEKELING KULON PROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Binti Salamah,“Penerapan Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas IV MI Ma’arif Jekeling Kulon Progo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan model pembelajaran STM dan mengetahui apakah pembelajaran IPA dengan pendekatan tersebut dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV di MI Ma’arif Jekeling, Sidorejo , Lendah, Kulon Progo. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Ma’arif Jekeling yang berjumlah 11 siswa . Titik tekan utama penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar IPA dengan model pembelajaran sains teknologi masyarakat. Penelitian tindakan tersebut dilakukan dalam dua siklus dengan indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah tercapainya standar minimum KKM ≥ 65 dengan persentase rata-rata 85% dari siswa yang hadir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran sains teknologi masyarakat (STM) menurut langkah-langkah yang telah ditetapkan dapat meningkatkan hasil belajar IPA yaitu berupa keaktifan siswa (afektif dan psikomotoriknya) sebesar 73,21% dan 58,93% pada siklus 1, sedangkan siklus 2 mencapai 80,35% dan 89,29%. Untuk ranah kognitif, hasil belajar rata-rata yang diperoleh mengalami peningkatan yaitu dari sebelum diberi tindakan nilai rata-rata sebesar 53,64 dengan pencapaian KKM 36,36% menjadi 66,82 pada siklus 1 dengan pencapaian KKM sebanyak 63,64% dari siswa yang hadir. Untuk siklus terakhir (siklus2) mengalami peningkatan KKM sebesar37,26% dari 63,64% menjadi 90,90% dengan nilai rata-rata kelas 82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : H. Sedya Santosa, SS,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Sains Teknologi Masyarakat, prestasi belajar IPA, MI Ma’arif Jekeling.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 11:01
Last Modified: 31 Jan 2017 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14065

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum