UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU DENGAN MENERAPKAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS II MI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014

FARIDATUL QUTSIYAH , NIM. 12485101 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU DENGAN MENERAPKAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS II MI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU DENGAN MENERAPKAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS II MI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR FIQIH MATERI SHOLAT FARDHU DENGAN MENERAPKAN METODE EVERY ONE IS A TEACHER HERE PADA SISWA KELAS II MI TAMPINGAN TEGALREJO MAGELANG TAHUN AJARAN 2013/2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)

Abstract

Faridatul Qutsiyah “ Upaya meningkatkan prestasi belajar Fiqih Siswa Kelas II MI Tampingan Tegalrejo, Magelang melalui model pembelajaran kooperatif tipe every one is a thacher here. Skripsi Yogyakarta , Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga 2014. Dalam pembelajaran fiqih, siswa harus dilibatkan secara mental,fisik dan sosial untuk membuktikan kebenaran teori dan hukum fiqih yang telah dipelajari, jika hal tersebut tidak tercakup dalam proses pembelajaran dapat berpengaruh terhadap penguasaan konsep fiqih dan akan mempengaruhi prestasi belajar siswa. Di MI Tampingan dalam proses pembelajaran belum melibatkan siswa dan guru masih menjadi pusat kegiatan belajar dikeasnsehingga berpengaruh terhadap partisipasi dan prestasi belajar siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif, berani mengemukakan pendapat , dan mecoba adalah model kooperatif tipe every one is a thacher here. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana penerapan mpdel pembelajaran kooperatif tipe every one is a thacher here pada pembelajaran fiqih di kelas II MI Yakti Tampingan, Tegalrejo (2) Bagaimana meningkatkan upaya partisipasi siswa kelas II MI Yakti Tampingan dalam pembelajaran fiqih dengan menggunakan model pembelajaran tipe every one is a thacher here (3) Bagaimana upaya meningkatkan prestasi belajar fiqih kelas II MI Yakti Tampingan dengan menggunakan meodel pembelajaran tipe every one is a thacher here. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh dalam peelitian ini meliputi : Partisipasi siswa yang diambil dari hasil pengisian yang diberikan setiap akhir siklus, prestasi siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktifitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lemar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran dan dokumentasi indikator dalam keberhasilan dalam penelitian ini adalah (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2). Adanya peningkatan prestasi belajar fiqih siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM. Hasil pengamatan pembelajaran dengan model pembelajaran every one is a teacher dilaksanakan dengan enam tahapan yaitu; penomeran , mengajukan permasalahan, diskusi kelompok, guru menyebutkan nomer, pemberian kesimpulan, dan penghargaan. Hasil penelitian pada siklus I menunjukan prestasi siswa sebesar 54,33 % dengankategori baik dan siklus II sebesar 56,6 % kategori baik sedangkan hasil prestasi fiqih siswa pada siklus I ratarata 59,37 % hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata 61,6 % dan persentasi ketuntasan belajar 80 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Sukiman
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 03 Oct 2014 14:22
Last Modified: 01 Feb 2017 14:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14071

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum