UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA BERBASIS TIK DI KELAS VI MI MA’ARIF GIRILOYO 2 IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014

FAJAR ALDIKRU, NIM. 12485090 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA BERBASIS TIK DI KELAS VI MI MA’ARIF GIRILOYO 2 IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA DENGAN MEDIA BERBASIS TIK DI KELAS VI MI MA’ARIF GIRILOYO 2 IMOGIRI BANTUL TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA KONSEP PEMBUATAN MAGNET DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONTRASI SISWA KELAS V MIM CETAN SEMESTER II TAHUN PELAJARAN 2013 / 2014)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB)

Abstract

Fajar Aldikru, “Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPA dengan Media Berbasis TIK di Kelas VIMI Ma’arif Giriloyo 2 Imogiri Bantul. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Pada era informasi ini pemanfaatan komputer sudah berkembang tidak hanya sebagai alat bantu keadministrasian saja, melainkan juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Selama ini guru dalam proses pembelajaran belum maksimal dalam memanfaatkan media pembelajaran berbasis komputer sebagai sumber belajar siswa.Fakta menunjukkan bahwa masih banyak siswa kelas VI MI Ma’arif Giriloyo 2, dalam mata pelajaran IPA memperoleh nilai rendah. Untuk mengatasi masalah tersebut, hal yang perlu dilakukan yaitu dengan cara menggunakan media yang menarik siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Salah satunya adalah penggunaan media pembelajaran berbasis TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : (1) bagaimana implementasi media berbasis TIK pada mata pelajaran IPA kelas VI di MI Ma’arif Giriloyo 2, (2) bagaimana prestasi belajar siswa setelah mengimplementasikan media berbasis TIK pada mata pelajaran IPA kelas VI di MI Ma’arif Giriloyo 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan modelatau desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart, di mana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen pokok yaitu : perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Penelitian dilaksanakan di kelas VI MI Ma’arif Giriloyo 2, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan jumlah 19 siswa, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi : prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah peningkatan prestasi belajar IPA siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa di atas KKM 7,5 yang mencapai 100% dari jumlah siswa kelas VI MI Ma’arif Giriloyo 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah menerapkan pembelajaran menggunakan media berbasis TIK terdapat peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa nilai rata-rata ptrestasi belajar siswa kelas VI 7,58 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 57,90%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa nilai rata-rata prestasi belajar siswa kelas VI 7,99 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 73,69%. Sementara pada siklus III menunjukkan bahwa nilai rata-rata ptrestasi belajar siswa kelas VI 8,57 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 100%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dra. Hj. Nur Rohmah, M.Ag
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2014 11:01
Last Modified: 14 Feb 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14169

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum