UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI YAPPI REJOSARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA KONKRIT PADA OPERASI PERKALIAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA

HARUN MULYONO, NIM. 13485246 (2014) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI YAPPI REJOSARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA KONKRIT PADA OPERASI PERKALIAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI YAPPI REJOSARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA KONKRIT PADA OPERASI PERKALIAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V MI YAPPI REJOSARI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BENDA-BENDA KONKRIT PADA OPERASI PERKALIAN DALAM MATA PELAJARAN MATEMATIKA)
BAB II, III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (143kB)

Abstract

Harun Mulyono, Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI YAPPI Rejosari Dengan Menggunakan Media Benda-Benda Konkrit Pada Operasi Perkalian Dalam Mata Pelajaran Matematika Dosen Pembimbing: Drs.H. Mangun Budiyanto, M.S.I MI YAPPI Rejosari terletak di dusun Rejosari Desa Ngawis Kecamatan Karangmojo Kabupaten Gunungkidul. Sekolah ini menempati tanah wakaf yang berasal dari Bapak Arjo (Alm) yang merupakan sesepuh dari MI YAPPI Rejosari. Siswa-siswi MI YAPPI Rejosari berasal dari tiga dusun yaitu Dusun Rejosari, Dusun Munggur, Dusun Pengkol. Pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga, sekolah dan lingkungan. Keberhasilan pendidikan tiga komponen tersebut sangat menentukan. Disamping tiga komponen tersebut, metode atau strategi pembelajaran, alat-alat pembelajaran juga mutlak diperlukan. Rendahnya prestasi kemampuan hitung perkalian bilangan pada siswa kelas V MI YAPPI Rejosari adalah faktor yang melatarbelakangi penelitian ini dilakunkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana penggunaan media benda-benda konkrit dapat meningkatkan prestasi belajar,(2) apa saja faktor-faktor penghambat dan pendukung untuk meningkatkan prestasi belajar,(3) bagaimana hasil prestasi yang dicapai setelah menggunakan media benda-benda konkrit pada perkalian siswa Kelas V MI YAPPI Rejosari dalam mata pelajaran Matematika. Data yang digunakan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket,tes evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang menggambarkan masalah sebenarnya yang ada dilapangan kemudian di refleksikan dan dianalisis berdasarkan teori yang menunjang dilanjutkan dengan pelaksanaan penelitian dilapangan I dan dilanjutkan dengan hasil evaluasi tindakan siklus II. Dari test awal / pratindakan menunjukkan siswa yang mengalami ketuntasan belajar berkisar 21,4% dengan nilai rata-rata kelas 57, 14. Untuk siklus I setelah tindakan dilaksanakan ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan menjadi 57,1% dengan nilairata-rata kelas 74,28. Sedangkan hasil evaluasi siklus II 100% siswa mengalami ketuntasan dalam belajar dengan nilai rata-rata kelas 81,42. Dari data yang diuraikan diatas menunjukkan bahwa dengan alat bantu benda-benda konkrit dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam perkalian bilangan bulat. Kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa benda-benda kongkrit dapat membantu siswa dalam mengoperasionalkan perkalian bilangan bulat pada pembelajaran Matematika Kelas V MI YAPPI Rejosari, sehingga prestasi belajar mengalami kemajuan. Temuan yang lain anak menjadi senang, percaya diri dalam melakukan proses pembelajaran. Dengan demikian dapat disarankan bahwa pelaksanaan pendidikan hendaknya berwawasan lingkungan karena lingkungan banyak menyediakan alat bantu yang murah, mudah didapat dan mudah dikenal anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. H. Mangun Budiyanto, M.S.I
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 21 Oct 2014 11:44
Last Modified: 16 Feb 2017 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/14231

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum