PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015

DWI RENI HASTUTI, NIM. 11680004 (2015) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015)
11680004_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS SCIENTIFIC APPROACH TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X DI SMA N 2 BANGUNTAPAN T.A 2014 / 2015)
11680004_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015, (2) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015, (3) mengetahui pengaruh model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach terhadap hasil belajar biologi pada ranah psikomotorik siswa kelas X SMA Negeri 2 Banguntapan T.A 2014/2015. Penelitian ini termasuk jenis penelitian quasi experiment (eksperimen semu) dengan design penelitian yang digunakan adalah Nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas X SMA N 2 Banguntapan. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling dan simple random sampling, yaitu kelas X3 (kelas eksperimen) dan kelas X4 (kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan tes, angket, dan observasi. Analisis data hasil belajar siswa pada ranah kognitif menggunakan One Way Anova, sedangkan untuk hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor menggunakan uji Mann Whitney U. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah kognitif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,001 < 0,05. (2) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah afektif siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,029 < 0,05. (3) model Problem Based Learning berbasis Scientific Approach secara signifikan meningkatkan hasil belajar biologi pada ranah psikomotor siswa dengan ditunjukkan p-value sebesar 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dian Noviar, M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Model PBL, Scientific Approach, Avertebrata, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 31 Jul 2015 10:01
Last Modified: 31 Jul 2015 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/16561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum