KONSEP PASAR TRADISIONAL MENURUT ISLAM (Studi Terhadap Implementasi Pasar Tradisional Syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya Perspektif Hukum Islam)

IQOM MUKHIQOM, S.H.I., NIM: 1220310036 (2014) KONSEP PASAR TRADISIONAL MENURUT ISLAM (Studi Terhadap Implementasi Pasar Tradisional Syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya Perspektif Hukum Islam). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KONSEP PASAR TRADISIONAL MENURUT ISLAM (Studi Terhadap Implementasi Pasar Tradisional Syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya Perspektif Hukum Islam))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (KONSEP PASAR TRADISIONAL MENURUT ISLAM (Studi Terhadap Implementasi Pasar Tradisional Syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya Perspektif Hukum Islam))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya merupakan prototipe pasar berbasis syari’ah pertama di Indonesia. Pasar ini didirikan oleh Prof.Dr. Suroso Imam Jadzuli, SE, guru besar Ekonoi Islam Universitas Airlangga Surabaya. Prinsipprinsip syari’ah yang menjadi syarat dan tata tertib bagi para pedagang pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya diantaranya adalah: (1). Halal; (2) Timbangan harus jujur; (3) Bersih; (4) Tidak merokok; (5) Jujur; (6) Murah meriah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik dan implementasi pasar syari’ah Az-Zaitun ditinjau dari hukum islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif yang berorientasi pada perolehan informasi secara tuntas dan komprehensif dengan keragaman variasi yang ada, bukan pada banyaknya sampel yang ada. Sifat penelitian ini adalah deskriptif analitif yaitu peneliti mengkaji dan menganalisa secara mendalam sumber data yang diperoleh, meliputi fakta empiris serta fenomena yang terjadi pada objek penelitian, serta sebab akibatnya kemudian dipaparkan secara jelas dan terstruktur. Teknik pengambilan sampling menggunakan teknik purposive sampling yaitu teknik pengambilan data dengan pertimbangan tertentu. Dengan menggunakan pendekatan normatif berdasar norma dan hukum islam yang berlaku. Penggalian informasi dilakukan dengan wawancara mendalam (indepth interview) kepada informan yang dianggap kaya akan informasi (rich information) untuk mendapatkan data yang komprehensif mengenai karakteristik dan implementasi pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya perspektif hukum islam. Hasil dari penelitian ini adalah eksistensi pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya sangat terganggu dengan adanya illegal economy activity yaitu berupa pasar ilegal yang berada di sepanjang jalan Kutisari Selatan Indah XIII. Keberadaan pasar tersebut menganngu kebersihan lingkungan pasar syari’ah Az- Zaitun 1 Surabaya akibatnya pasar menjadi kumuh, para pedagang di pasar ilegal kurang peduli terhadap kebersihan lingkungan.Implementasi prinsip-prinsip syari’ah sebagian besar telah terealisasikan dengan baik, namun lembaga hisbah yang secara khusus bertugas untuk mengawasi langsung implementasi prinsip syari’ah belum terbentuk, sehingga hal tersebut berdampak pada kurang optimalnya implementasi prinsip-prinsip syari’ah di pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya, pada realitanya masih ada pedagang yang menjual rokok selain itu belum semua produk yang ada di pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya memiliki sertifikasi halal, sehingga upaya perlindungan terhadap konsumen mengenai kehalalan produk di pasar syari’ah Az-Zaitun 1 Surabaya masih belum optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. H. Abd. Salam Arief, M.A
Uncontrolled Keywords: Pasar Tradisional, Syari'ah, Islam
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Oct 2015 08:22
Last Modified: 05 Oct 2015 08:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17378

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum