PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI INTERDISCIPLINARY ISLAMIC STUDIES PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

ARIA HERMAWAN, NIM. 1320010012 (2015) PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI INTERDISCIPLINARY ISLAMIC STUDIES PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI INTERDISCIPLINARY ISLAMIC STUDIES PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320010012_bab-i_iv-atau-v_daftar-pustaka.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMANFAATAN JURNAL ELEKTRONIK DI PERPUSTAKAAN UIN SUNAN KALIJAGA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI INTERDISCIPLINARY ISLAMIC STUDIES PASCASARJANA UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
1320010012_bab-ii_sampai_sebelum-bab-terakhir.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Aria Hermawan. 1320010012, Pengaruh Pemanfaatan Jurnal Elektronik di Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga terhadap Kepuasan Mahasiswa Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, Tesis Magister, Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2015. Salah satu jenis koleksi perpustakaan adalah jurnal yang menyajikan informasi mutakhir dan berperan strategis untuk mendukung perkembangan ilmu pengetahuan. Jurnal cetak ataupun online merupakan koleksi yang memuat informasi berupa karya-karya ilmiah atau hasil-hasil penelitian. Keberadaan jurnal sangat membantu para pemustaka dalam memenuhi kebutuhan informasi yang diinginkan. Pada tahun 2015 perpustakaan UIN Sunan Kalijaga melanggan beberapa jurnal elektronik, di antaranya Emerald, Oxford Islamic Studies online, Aljamiah, SpringerLink, JSTOR, Science AAAS, OXFORD JURNALS, IISTE, dan arXive.org, sehingga mahasiswa dapat mengakses jurnal elektronik tersebut di dalam dan luar area UIN Sunan Kalijaga. Mengacu pada data yang telah penulis jelaskan, belum diketahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara pemanfaatan jurnal elektronik yang sudah dilanggan oleh Perpustakaan UIN Sunan Kalijaga dalam memenuhi kebutuhan informasi dan dampaknya terhadap kepuasan pemustaka yang telah melakukan akses terhadap jurnal elektronik tersebut. Penelitian ini menggunakan metode positivistik yaitu analisis deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuisioner (angket). Populasi penelitian ini sebanyak 118 responden yang berasal dari mahasiswa pascasarjana Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Analisis data menggunakan rumus persentase untuk mengetahui distribusi frekuensi relatif dari masing-masing sub variabel dan menggunakan regresi sederhana untuk mengetahui berapa pengaruh antara variabel terikat dengan variabel bebas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pemanfaatan jurnal elektronik diperoleh skor sebesar 77,37%, sedangkan variabel kepuasan diperoleh skor sebesar 77,88%. Adapun hubungan antara variabel pemanfaatan jurnal elektronik di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta mempunyai tingkat hubungan yang kuat dengan variabel kepuasan mahasiswa Prodi Interdisciplinary Islamic Studies Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan nilai 0,513. Nilai tersebut menunjukkan pengaruh yang signifikan dan hipotesis tersebut dapat diterima. Pengaruh pemanfaatan jurnal elektronik di perpustakaan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dapat dilihat dalam persentase sebesar 26,2%, sedang sisanya 73,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurdin Laugu, S.Ag., SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh, Pemanfaatan, juranal elektronik, kepuasan mahasiswa, Prodi IIS Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Subjects: Ilmu Perpustakaan
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Ilmu Perpustakaan dan Informasi
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 30 Sep 2015 14:37
Last Modified: 07 Mar 2024 15:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/17393

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum