KREDIT USAHA SAPI PERAH OLEH KOPERASI USAHA PERTERNAKAN DAN PEMERAHAN SAPI PERAH (UPP) KALIURANG YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

WASI, NIM 02381430 (2007) KREDIT USAHA SAPI PERAH OLEH KOPERASI USAHA PERTERNAKAN DAN PEMERAHAN SAPI PERAH (UPP) KALIURANG YOGYAKARTA DALAM PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (18MB) | Preview
[img] Text
II, III, 1V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Kegiatan usaha sebagai gejala sosial yang ideal meliputi hukum, sosial dan etika, wirausaha salah satu bentuk untuk mencukupi kebutuhan hidup, yang selalu berubah sesuai perkembangan zaman. Orang mendirikan usaha mempunyai harapan akan membawa kepada keadaan yang lebih baik dari pada sebelumnya Konsep ajaran Islam yang mencakup seluruh aspek kehidupan, sehingga prinsip dasar dalam menjalankan kegiatan ekonomi adalah boleh (halal) dengan meberikan kebebasan (kebebasan berkontrak), manusia sering terjebak free rider dalam konsep sosial, dimulai ketika merespon ajaran sosial dalam islam dipahami secara dangkal sehingga tidak menjalankan kaidah/ norma yang ada. Permasalahan yang dihadapi adalah ketika sebuah lembaga sosial (koperasi) memberikan jasa pelayanan kredit yang sangat mudah dengan jumlah pinjaman yang cukup besar kepada anggotanya, bagaimana bagimana adanya, ketentuan yang berlaku dan penyelesaian masalah yang sangat memungkinkan terjadi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, data primer diperoleh dari interview langsung kepada pengurus koperasi UPP Kaliurang dan nasabah (pemakai jasa kredit) dan dokumen koperasi. Selain itu peneliti ditunjang dengan data sekunder yang diperoleh dari literatur yang berkaitan dengan permasalahan yang ada. Penelitian bersifat diskriptik analisis, karena selain memaparkan pennasalahan yang ada dalam penyaluran kredit oleh koperasi, penelitian ini juga hendak menilai dan mengkaji antara permasalahan yang terjadi dengan prinsip syari' at Islam, sehingga pendekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif. Berdasarkan metode yang digunakan maka terungkap secara normatif penyalyanan kredit usaha sapi- perah- oleh. koperasi UPP Kaliurang dapat dibenarkan menurut hukum Islam, baik dari segi aqad (perjanjian), pemberian syarat adanya tambahan dalam bentuk bunga sebesar 8% setiap tahun, ataupun dari penyelesaian masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs.AHMAD YUSUF KHOIRUDDIN, SE. MSi
Uncontrolled Keywords: KREDIT USAHA SAPI PERAH OLEH KOPERASI USAHA PERTERNAKAN DAN PEMERAHAN SAPI PERAH
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ilmu Hukum (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 04 Nov 2015 14:00
Last Modified: 04 Nov 2015 14:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum