PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX DI BURSA EFEK JAKARTA (PERIODE JANUARI 2003- JUNI 2005)

ALIMUHTAR, NIM. 02391342 (2007) PENGARUH VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEX DI BURSA EFEK JAKARTA (PERIODE JANUARI 2003- JUNI 2005). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH V ARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEXDI BURSA EFEK JAKARTA (PERI ODE JANUARI 2003- JUNI 2005))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (19MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH V ARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP JAKARTA ISLAMIC INDEXDI BURSA EFEK JAKARTA (PERI ODE JANUARI 2003- JUNI 2005))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Dinamika pasar modal bukanlah kegiatan yang terisolasi dari aktivitas ekonomi yang berada di luar pasar modal. Kondisi makroekonomi misalnya, sering kali menyebabkan sentimen pasar dan gejolak pada pasar modal. Sensitivitas pasar modal atas perubahan kondisi makroekonomi menjadi tema yang menarik untuk mendapat perhatian. Oleh karena itu, studi ini ingin meneliti pengaruh variabel makroekonomi terhadap Jakarta Islamic Index, dengan tujuan untuk menjelaskan variabel makroekonorni apa saja yang mempunyai pengaruh dan bagaimana pengaruhnya terhadap Jakarta Islamic Index. Variabel makroekonomi yang digunakan dalam penelitian ini meliputi variabel inflasi, suku bunga domestik, suku bunga luar negeri, dan kurs dolar terhadap rupiah. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berupa data laporan perkembangan indikator makroekonomi bulanan dari bulan Januari 2003 sampai Juni 2005. Dengan demikian diperoleh jumlah sampel sebanyak 30, yang memenuhijumlah sampel kecil untuk ukuran distribusi nonnal. Untuk menjelaskan pengaruh variabel makroekonomi tersebut, data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis menggunakan model regresi tinier berganda. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa variabel inflasi dan suku bunga domestik berpengaruh negatif secara signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Sedangkan suku bunga luar negeri mempunyai pengaruh positif secara signifikan terhadap Jakarta Islamic index. Sebaliknya varia bel kurs tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Jakarta Islamic Index. Adapun secara simultan keempat variabel independen tersebut mampu menjelaskan variabilitas Jakarta Islamic index sebesar 94,7%. Sedangkan sisanya sebesar 5,3% dipengaruhi oleh faktor di luar model.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARSIH, SE., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Makroekonomi, inflasi, suku bunga domestik, suku bunga luar negeri, kurs, dan Jakarta Islamic index.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 09:35
Last Modified: 11 Nov 2015 09:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18199

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum