DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH (STUDI TERHADAP MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP)

MAWI KHUSNI ALBAR, NIM. 03410169 (2006) DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIYAH (STUDI TERHADAP MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIY AH (STUDI TERHADAP MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM DI MADRASAH DINIY AH (STUDI TERHADAP MADRASAH DINIYAH DI KECAMATAN CIMANGGU KABUPATEN CILACAP))
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

MAWI KHUSNI ALBAR. Dinamika Pendidikan Islam Di Madrasah Diniyah (Studi terhadap Madrasah Diniyah di Kecamatan Cimanggu Kabupaten Cilacap). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan kalijaga Yogyakarta, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada madrasah diniyah di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap sehingga mengalami pasang-surut. Untuk mengetahui usaha apa saja yang telah dilakukan oleh madrasah diniyah di Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Cilacap yang masih eksis. Adapun basil penelitian ini diharapkan menambah cakrawala pengetahuan dalam pendidikan madrasah diniyah dalam upaya peningkatan kualitas Pendidikan Agama Islam sehingga dapat mencapai basil yang maksimal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil Jatar Madrasah Diniyah Assiqyul 'Uluum AI-Hajj Cilempuyang sebagai madrasah yang sedang pasang, dan Madrasah Diniyah AI-Mubaroq Cimanggu yang sedang surut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam pada Madrasah Diniyah Assiqyul 'Uluum sebagai madrasah diniyah yang mengalami pasang telah menerapkan model dan kurikulum pesantren dalam madrasah diniyah sangat cocok bagi lingkungan masyarakat, mesti perlu ada inovasi lebih lanjut. Di dalam Madrasah Diniyah Assiqyul 'Uluum Al-Hajj sudah terjalin hubungan antara kepala madrasah, dewan asatidz, alumni dan juga masyarakat dengan sangat erat. Sehingga kepedulian masyarakat akan kesejahteraan ustadz begitu dipentingkan. Madrasah Diniyah Al-Mubaroq sebagai madrasah diniyah yang sedang surut sudah menerapkan materi sebagaimana yang telah ditetapkan oleh Departemen Agama. Akan tetapi belum menerapkan pendidikan berjenjang secara total. Terbukti tingkatan pada madrasah itu baru pada tingkat wustha Kemampuan pelaksana pendidikan dalam hal manajerial belum tertata rapi, ditambah dengan kehilangan figur pemimpin dan ustadz yang dulu disegani. Usaha yang telah dilakukan oleh madrasah diniyah yang masih eksis di Kecamatan Cimanggu adalah : 1) Membangun persepsi dan mengintegrasikan kurikulum supaya berorientasi pada kebutuhan masyarakat, 2) Meningkatkan mutu para ustadz dengan mengadakah rapat para ustadz madrasah diniyah, dan memperbaltarui, sistem, media, pendekatan adn prasarana belajar, 3) Mencari figur pemimpin yang ideal untuk dijadikan sebagai kepala madrasah pada periode mendatang, 4) Kepala madrasalt diniyah sedang mencari dermawan yang mau meminjamkan sawahnya untuk digarap oleh ustadz ~ra bergantian agar bisa menjadi tambahan nilai semangat, dan kesejahteraan ustadz.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Radino, M.Ag
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 11 Nov 2015 15:44
Last Modified: 11 Nov 2015 15:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18224

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum