PENGEMBANGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA SEBAGAI ALTERNATIF LATIHAN SOAL SISWA KELAS XI SMA/MA

WINARSIH, NIM. 08680066 (2015) PENGEMBANGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA SEBAGAI ALTERNATIF LATIHAN SOAL SISWA KELAS XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA SEBAGAI ALTERNATIF LATIHAN SOAL SISWA KELAS XI SMA/MA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN TEKA-TEKI SILANG (TTS) BIOLOGI MATERI POKOK SISTEM GERAK PADA MANUSIA SEBAGAI ALTERNATIF LATIHAN SOAL SISWA KELAS XI SMA/MA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan Teka-Teki Silang (TTS) Biologi materi sistem gerak pada manusia yang dapat digunakan sebagai salah satu alternatif latihan soal bagi siswa kelas XI SMA/MA. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui kelayakan Teka-Teki Silang (TTS) Biologi materi sistem gerak pada manusia yang dikembangkan sebagai media pembelajaran yang mendukung proses pembelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R & D) dengan model pengembangan prosedural mengikuti langkahlangkah yang dikembangkan oleh Sugiyono. Prosedur pengembangan meliputi enam langkah, yaitu: analisis potensi dan masalah, pengumpulan data dan informasi, desain produk, validasi desain, revisi desain, dan uji coba produk. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas Teka-Teki Silang (TTS) Biologi adalah lembar angket yang mencakup beberapa aspek penilaian meliputi: penyajian materi, aspek kurikulum, kebahasaan dan kejelasan kalimat, penyajian, kegrafisan, dan aspek evaluasi. Penilaian kualitas TTS biologi dilakukan oleh reviewer (ahli materi, ahli media, 3 peer reviewer dan 2 guru biologi). Uji coba produk dilakukan secara terbatas kepada 15 siswa SMA kelas XI untuk mengetahui respon siswa. Kualitas TTS biologi berdasarkan hasil penilaian reviewer dilihat dari keseluruhan aspek hasilnya adalah Sangat Baik (SB), dengan persentase penilaian 90,66% dan persentase berdasarkan respon siswa 88%. Berdasarkan penilaian tersebut, Teka-Teki Silang (TTS) Biologi materi sistem gerak pada manusia layak digunakan sebagai alternatif bahan ajar dalam mendukung proses pembelajaran biologi. Kata Kunci: TTS Biologi, sistem gerak manusia, alternatif latihan soal

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sulistiyawati,S.Pd.I.M.Si
Uncontrolled Keywords: TS Biologi, sistem gerak manusia, alternatif latihan soal
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Dec 2015 08:31
Last Modified: 14 Dec 2015 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18631

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum