PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II

FATTAH INTAN ROSILA, NIM. 11680008 (2015) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE PRAKTIKUM PADA MATERI EKOSISTEM TERHADAP KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MAN YOGYAKARTA II)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran (discovery learning disertai metode praktikum, discovery learning dan konvensional) pada materi ekosistem terhadap keaktifan dan hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Jenis penelitian ini adalah quasy experimen dengan desain penelitian randomized pretest postest control group design. Sampel penelitian ini terdiri dari tiga kelas yang diambil secara random (acak), yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas perlakuan I (model discovery learning dengan metode praktikum), X MIA 3 sebagai kelas perlakuan II (model discovery learning) dan X MIA 2 sebagai kontrol (konvensional). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan angket, observasi dan tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar angket, lembar observasi, dan lembar soal. Teknik analisis data dilakukan dengan uji Anova. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Model pembelajaran (discovery learning disertai metode praktikum, discovery learning, dan konvensional) pada materi ekosistem berpengaruh terhadap keaktifan siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,000 < 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ketiga kelas tersebut berbeda secara signifikan. Hasil uji Tukey menunjukkan bahwa a) model discovery learning dengan metode praktikum berpengaruh daripada konvensional terhadap keaktifan siswa. b) model discovery learning dengan metode praktikum berpengaruh daripada model discovery learning tanpa praktikum terhadap keaktifan siswa. c) model discovery learning tanpa praktikum tidak berpengaruh daripada konvensional terhadap keaktifan siswa. 2) Model pembelajaran (discovery learning disertai metode praktikum, discovery learning, dan konvensional) pada materi ekosistem tidak berpengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif siswa kelas X MAN Yogyakarta II. Hasil perhitungan menunjukkan nilai signifikan 0,330 > 0,05 (taraf signifikan (α 5%), maka H0 diterima dan Ha ditolak, artinya ketiga kelas tersebut tidak berbeda secara signifikan. Kata kunci : Model discovery learning, metode praktikum, materi ekosistem, keaktifan dan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Widodo
Uncontrolled Keywords: Model discovery learning, metode praktikum, materi ekosistem, keaktifan dan hasil belajar.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Dec 2015 08:55
Last Modified: 15 Dec 2015 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/18641

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum