EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA

IMRON ARBA’IN, NIM. 11600021 (2016) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA)
11600021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN KEAKTIFAN SISWA)
11600021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan (2) efektivitas pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) dalam meningkatkan keaktifan siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain nonequivalent control group design. Variabel penelitian terdiri dari satu variabel bebas yaitu pendekatan PMRI dan dua variabel terikat yaitu kemampuan representasi matematis dan keaktifan siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Assalaam Temanggung tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian terdiri dari kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah soal pretest dan posttest kemampuan representasi matematis, lembar observasi keaktifan siswa dan lembar catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statisik inferensial yaitu uji t sampel independen untuk mengukur kemampuan representasi matematis siswa dan analisis secara kualitatif terhadap hasil observasi keaktifan siswa. Hasil penelitian ini adalah (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMRI tidak lebih tinggi secara signifikan dibandingkan dengan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI tidak efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa. (2) persentase keaktifan siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan PMRI lebih tinggi dibandingkan dengan persentase keaktifan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan PMRI lebih efektif daripada pembelajaran konvensional dalam meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Yenny Anggreini, M.Sc.
Uncontrolled Keywords: pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia (PMRI), representasi matematis, keaktifan siswa.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 18 Feb 2016 09:18
Last Modified: 18 Feb 2016 09:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/19431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum