BIMBINGAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI LUHUR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SUNNIY DARUSSALAM SLEMAN

ALI AHMADI, NIM. 10220046 (2016) BIMBINGAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI LUHUR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SUNNIY DARUSSALAM SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (BIMBINGAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI LUHUR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SUNNIY DARUSSALAM SLEMAN)
10220046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (BIMBINGAN PENCAK SILAT PERSAUDARAAN SETIA HATI TERATE DALAM MENANAMKAN BUDI PEKERTI LUHUR PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN AS-SUNNIY DARUSSALAM SLEMAN)
10220046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus-kasus kenakalan remaja, baik kenakalan remaja secara umum maupun kenakalan remaja pada santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja ajaran Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang mengandung nilai-nilai budi pekerti luhur, dan bagaimana metode bimbingan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate dalam menanamkan budi pekerti luhur pada santri di Pondok Pesantren As-Sunniy Darussalam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field Research). Sumber datanya ialah dua pelatih tetap sebagai subjek utama, tiga orang siswa dan ketua pondok sebagai subjek pendukung, yang ditentukan secara purposive. Objek penelitian ini adalah bimbingan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate dalam menanamkan budi pekerti luhur pada santri di Pondok Pesantren As-Sunniy Darussalam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian, data yang sudah terkumpul diuji keabsahan datanya dengan tringulasi teknik. Sedangkan, analisis datanya menggunakan model Miles Huberman, yaitu dengan melakukan tiga bentuk kegiatan, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ajaran Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang mengandung nilai-nilai budi pekerti luhur, dikenal dengan ajaran panca dasar Persaudaraan Setia Hati Terate, yang meliputi persaudaraan, olah raga, bela diri, kesenian, dan kerokhanian atau ke-SH-an. Sedangkan, metode bimbingan Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate yang digunakan dalam menanamkan budi pekerti luhur pada santri di Pondok Pesantren As-Sunniy Darussalam, meliputi metode demostrasi, metode latihan, metode ceramah, dan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: A. Said Hasan Basri, S.Psi., M.Si
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Pencak Silat PSHT, Budi Pekerti Luhur
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 25 Apr 2016 14:53
Last Modified: 25 Apr 2016 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20425

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum