AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)

NIKEN DWI RAHMAWATI, SPDI, NIM. 1420411031 (2016) AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA))
1420411031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (AKSENTUASI PENGUASAAN BAHASA ARAB DALAM KURIKULUM (STUDI KASUS DI SMP 2 MA’ARIF 2 PONOROGO DAN SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA))
1420411031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Niken Dwi Rahmawati. Aksentuasi Penguasaan Bahasa Arab dalam Kurikulum (Studi Kasus di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta), Yogyakarta 2016. Dalam tujuan pembelajaran bahasa Arab yang dicanangkan oleh institusi lembaga yang terlalu muluk, nampaknya justru tidak membuahkan hasil dalam proses pembelajaran khususnya pada pengajaran kemahiran berbahasa Arab. Tercapainya suatu pembelajaran bahasa itu tidak terlepas dari kemampuan empat kemahiran berbahasa. Oleh karena itu, adanya sebuah penekanan penguasaan kemahiran berbahasa menjadi penting dalam suatu proses pembelajaran bahasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Sumber data pada penelitian ini adalah guru pengampu pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas VIII tahun ajaran 2015/2016 di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini berdasarkan latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian serta instrument di atas adalah 1) Pelaksanaan kurikulum KTSP dan gabungan kurikulum KTSP dan K13 di kedua sekolah tersebut belum optimal pelaksanaannya. Hasil di lapangan menggambarkan bahwa keaktifan dan kemandirian peserta didik dalam proses pembelajaran bahasa Arab masih kurang, sehingga jalannya proses pembelajaran masih didominasi oleh keaktifan guru menyampaikan materi. 2) Penekanan penguasaan kemahiran berbahasa Arab di kedua sekolah tersebut lebih ditekankan pada kemahiran membaca. 3) Pelaksanaan tujuan pembelajaran bahasa Arab, kedua sekolah tersebut terlepas dari tujuan institusional lembaga. Tujuan pembelajaran didesain sesuai dengan kebutuhan mendasar siswa, tidak perlu muluk-muluk tetapi dapat mencapai tujuan yang diharapkan. 4) Cakupan materi, dari bahan ajar yang digunakan di kedua sekolah tersebut menggambarkan bahwa penyajian materi dimulai dari materi yang mudah ke yang sulit, dan dari yang sederhana ke yang kompleks. Tetapi kontens materi dan penyajian evaluasi masih kurang bervariatif. 5) Metode pembelajaran lebih menggunakan metode konvensional-tradisional klasikal, guru hanya menerjemahkan kata per kata, kalimat per kalimat. Sehingga peserta didik mudah mengetahui artinya, tetapi mudah juga akan terlupakan. 6) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran, di kedua sekolah tersebut belum efektif terutama pada evaluasi kemahiran produktif (istima’ dan kalam), dan belum mencakup keseluruhan aspek (kognitif, afektif, dan psikomotorik). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa tercapainya pembelajaran bahasa Arab di SMP Ma’arif 2 Ponorogo dan SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta disamping perlu adanya sebuah aksentuasi penguasaan kemahiran berbahasa, juga diperlukan tujuan pembelajaran yang jelas, peningkatan SDM guru, pemanfaatan metode yang bervariatif, penambahan jam pelajaran, dan memperhatikan latar belakang pendidikan peserta didik. Sehingga dalam proses pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Radjasa Mu’tashim M.SI
Uncontrolled Keywords: Aksentuasi, kemahiran bahasa Arab, kurikulum
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 28 Apr 2016 14:34
Last Modified: 28 Apr 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20531

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum