UPAYA GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PRODI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015

YETI SOPYATI, NIM. 11470122 (2016) UPAYA GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PRODI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PRODI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470122_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA GURU UNTUK MENUMBUHKAN MINAT BERWIRAUSAHA SISWA PRODI TATA BUSANA SMK NEGERI 6 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
11470122_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (709kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pesatnya perkembangan ekonomi dan persaingan dalam dunia kerja, banyaknya pencari kerja tidak sebanding dengan lapangan pekerjaan yang tersedia, sehingga menyebabkan banyaknya pengangguran karena banyak lulusan sekolah yang tidak terserap didunia kerja. Dengan diterapkannya pendidikan kewirausahaan diharapkan mampu membentuk jiwa wirausaha pada diri siswa. Sekolah dalam hal ini harus mampu membekali siswa dengan keterampilan guna menghadapi ketatnya persaingan dunia kerja di era globalisasi. Salah satu keterampilan yang ditanamkan adalah dengan praktek berwirausaha, hal ini diharapkan mampu membekali siswa agar kedepannya bisa membuka usaha secara mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis data. Langkah analisis data adalah data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan verification (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah pendidikan kewirausahaan bertujuan agar siswa dapat menerapkan ilmu yang didapat dari mata pelajaran kewirausahaan secara nyata, dengan tujuan akhir diharapkan siswa mempunyai usaha secara mandiri. Pendidikan kewirausahaan juga menuntut siswa untuk kreatif dan inovatif dalam praktek wirausaha sehingga menghasilkan suatu produk yang bernilai ekonomi. Guru kewirausahaan berperan penting dalam menumbuhkan minat wirausaha siswa untuk memotivasi, serta mengarahkan siswa. Adapun upaya guru untuk menumbuhkan minat berwirausaha siswa antara lain memotivasi siswa, memberi contoh kisah orangorang menginpirasi dan sukses dalam berwirausaha, kelas inspiratif dan praktek. Faktor pendukung dalam menumbuhkan minat berwirausaha siswa diantaranya perkembangan teknologi yang semakin maju, bekerja sama dengan berbagai pihak, serta dukungan orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat upaya menumbuhkan minat berwirausaha siswa antara lain adalah sarana dan prasarana yang belum memadai, keterbatasan waktu dan terkendala dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. M. JAMROH, M.Si
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Kewirausahaan, Minat Berwirausaha
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 16 May 2016 10:22
Last Modified: 16 May 2016 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum