STUDI PESAN KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM FANPAGE FACEBOOK NAIDU CLOTHING

WARSANDI, NIM 11210106 (2016) STUDI PESAN KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM FANPAGE FACEBOOK NAIDU CLOTHING. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI PESAN KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM FANPAGE FACEBOOK NAIDU CLOTHING)
11210106_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STUDI PESAN KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL DALAM FANPAGE FACEBOOK NAIDU CLOTHING)
11210106_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Desain komunikasi visual adalah sebuah seni dalam aktifitas komunikasi juga banyak digunakan dalam kegiatan dakwah di era digital saat ini dengan memanfaatkan media internet website maupun jejaring sosial sebagai sarana komunikasi yang mengandalkan visual dan tulisan sebagai alatnya. Dalam proses komunikasi dakwah di dunia virtual, desain komunikasi visual yang berbentuk desain grafis maupun fotografi mengambil peran penting untuk menjadikan pesanpesan dakwah terlihat menarik dan lebih diterima oleh komunikan khususnya para pengguna internet, Fanpage Naidu Clothing merupakan salah satu industri kreatif yang menyerukan dakwah menggunakan karya desain komunikasi visual melalui desain t-shirt dan poster digital yang selalu di posting dalam halaman facebooknya. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian studi pesan komunikasi dakwah menggunakan analisis semiotik Roland Barthes yang mengkaji aktiftas komunikasi dakwah menggunakan desain komunikasi visual dalam fanpage facebook Naidu Clothing. Dalam hal ini yang dikaji adalah konsep desain komunikasi visual yang menjadi alat komunikasi dakwah. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara dengan pisau analisis datanya adalah prinsip desain komunikasi visual yaitu prinsip penekenan (emphasi) dan prinsip kesatuan (unity) dalam tiga elemen-elemen desain komunikasi visual yaitu tipografi, ilustrasi dan warna di dukung dengan teori perspektif CMC. Setelah melakukan analisis dengan prinsip desain komunikasi visual penelitian ini menghasilkan kesimpulan yang menunjukan bahwa prinsip desain komunikasi visual seperti prinsip penekenan (emphasis) dan prinsip kesatuan (unity) telah di aplikasikan dalam tipografi, ilustrasi dan warna disteiap karyanya untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah yang kesemuanya itu lebih mengarah pada aktifitas komunikasi dakwah yang menggunakan keindahan bahasa visual grafis untuk tujuan menarik perhatian atau memberikan sugesti pada pengunjung fanpage facebook Naidu Clothing dalah hal amar ma’ruf nahi mungkar, tanda verbal dan visual dalam karya desain poster digital Naidu Clothing diterjemahkan menggunakan analisis semiotik dan teori perspektif CMC untuk membahas respon dari pengunjung fanpage yang memberi tanggapan positif maupun negatif. Kata Kunci: Desain komunikasi visual, Pesan Komunikasi dakwah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: H. Akhmad Rifa'i M.Phil
Uncontrolled Keywords: Desain komunikasi visual, Pesan Komunikasi dakwah
Subjects: Komunikasi Islam
Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Jun 2016 08:15
Last Modified: 01 Jun 2016 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/20798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum