PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR'AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN

MASFUFAH - NIM. 02411285, (2009) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DAN QUR'AN HADITS PADA SISWA KELAS IX MTsN TRIWARNO KUTOWINANGUN KEBUMEN. Skripsi thesis, UNSPECIFIED.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IX MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen, problem-problem yang dihadapi serta upaya untuk mengatasi problem tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran dalam mendukung proses pembelajaran PAI khususnya mata pelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits. Di samping itu, penelitian ini juga diharapkan dapat menjadi bahan masukan yang berguna bagi usaha meningkatkan kualitas pembelajaran PAI khususnya untuk guru PAI di MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen dan para guru PAI pada umumnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisa data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah deskriptif analitik. Adapun prosedur atau langkah-langkahnya sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi yaitu menchek data tertentu dengan membandingkannya dengan data yang diperoleh dari sumber lain pada berbagai fase penelitian lapangan, pada waktu yang berlainan dan sering menggunakan metode yang berlainan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan active learning dalam pembelajaran Fiqih dan Qur'an Hadits Pada Siswa Kelas IX MTsN Triwarno Kutowinangun Kebumen diantaranya menggunakan strategi bermain sambil belajar, setoran hafalan, belajar berpasangan, video critic, active debate, berpikir cepat dan keras dan strategi saya bisa. Strategi bermain sambil belajar digunakan untuk mengetahui seberapa besar penguasaan siswa terhadap materi. Strategi setoran hafalan untuk memotivasi siswa dalam menghafalkan teks/ayat/hadits. Strategi belajar berpasangan digunakan untuk melatih ketangkasan siswa dalam belajar. Strategi video critic untuk melatih siswa lebih kritis dalam menanggapi fenomena-fenomena yang terjadi di masyarakat. Strategi active debate untuk melatih siswa saling memberi umpan balik sehingga kegiatan pembelajaran tidak vakum. Strategi berpikir cepat dan kritis digunakan untuk memfokuskan konsentrasi siswa. Strategi saya bisa digunakan untuk mengetahui minat siswa terhadap materi pelajaran. (2) Problem yang dihadapi meliputi: guru sulit mengajak siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru sulit mengajar karena siswa kurang berminat dalam belajar, kondisi psikologis siswa kurang mendukung. (3) Upaya-upaya yang dilakukan yaitu: guru menggunakan strategi belajar aktif secara bervariatif; untuk menumbuhkan minat siswa, guru senantiasa menyampaikan beberapa fadhilah membaca al-Qur'an. Guru senantiasa memantau kondisi psikologis siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Pembelajaran, Fiqih, Quran, Hadits
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 24 Sep 2012 21:21
Last Modified: 24 Sep 2012 21:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2115

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum