PRAKSIS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA H. DOUGLAS BROWN

JAMAT JAMIL, NIM. 1420411044 (2016) PRAKSIS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA H. DOUGLAS BROWN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PRAKSIS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA H. DOUGLAS BROWN)
1420411044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PRAKSIS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN BAHASA ARAB DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG BERDASARKAN PRINSIP PEMBELAJARAN BAHASA H. DOUGLAS BROWN)
1420411044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Pada hakekatnya, pengajaran keterampilan bahasa adalah pengajaran untuk berkomunikasi melalui bahasa tersebut. Oleh karena itu, pengajaran keterampilan bahasa diarahkan untuk meningkatkan kemampuan komunikatif dalam berbagai konteks komunikasi. Kemampuan yang dikembangkan adalah daya tangkap makna, peran, daya tafsir, menilai, dan mengekspresikan diri melalui pemakaian bahasa. Kesemuanya itu dikelompokkan menjadi kemampuan kebahasaan, pemahaman, dan penggunaan. Untuk mencapai tujuan pengajaran bahasa itu, pengajaran bahasa harus memperhatikan prinsi-prinsip pembelajaran bahasa. Salah satu prinsip pembelajaran bahasa adalah prinsip yang dinyatakan oleh H. Douglas Brown. Brown menjalaskan ada dua belas prinsip yang harus terpenuhi dalam pengajaran bahasa, namun dalam hal ini Brown membaginya menjadi tiga prinsip dasar, yaitu prinsip kognitif, afektif, dan linguistik. Berawal dari pengetahuan peneliti mengenai prinsip pembelajaran bahasa, peneliti tertarik untuk mengkaji perihal praksis pembelajaran keterampilan bahasa yang ada di program studi pendidikan bahasa Arab Universitas Negeri Semarang Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) gambaran pembelajaran empat keterampilan bahasa Arab di UNNES, (2) praksis pembelajaran empat keterampilan bahasa Arab UNNES berdasarkan prinsip pembelajaran bahasa H. Douglas Brown. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket untuk mahasiswa, observasi, wawancara terhadap dosen matakuliah keterampilan bahasa Arab UNNES, serta dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: berdasarkan angket praksis pembelajaran menyimak mencapai 62%, berbicara 89%, membaca 58%, dan menulis 85% prinsip pembelajaran bahasa H. Douglas Brown. Sedangkan berdasarkan observasi praksis pembelajaran menyimak mencapai 58%, berbicara 89%, membaca 54%, dan menulis 86%. Sementara berdasarkan wawancara praksis pembelajaran menyimak menunjukkan bahwa prinsip otomasi dan motivasi intrinsik cukup tinggi, bermakna, antisipasi penghargaan, pengaruh bahasa ibu dan percaya diri cukup, sedangkan investasi strategi, pengambilan, ego bahasa, hubungan dengan budaya, antar bahasa dan komunikatif rendah. Pembelajaran berbicara sudah memenuhi prinsip otomasi, bermakna, antisipasi penghargaan, motivasi intrinsik, investasi strategi, ego bahasa, percaya diri, pengambilan resiko, pengaruh bahasa ibu, antar bahasa, dan komunikatif, namun masih belum maksimal dalam mencakup prinsip hubungan budaya. Pembelajaran membaca memiliki praksis prinsip motivasi intrinsik, ego bahasa, percaya diri, pengambilan resiko, pengaruh bahasa ibu, dan antar bahasa cukup, prinsip otomasi, bermakna, penghargaan, hubungan budaya, dan komunikatif rendah, dan prinsip investasi strategi sangat rendah. Pembelajaran menulis praksis prinsip otomasi dan penghargaan sangat tinggi, prinsip bermakna, motivasi intrinsik, investasi strategi, ego bahas, percaya diri, pengambilan resiko, pengaruh bahasa ibu, dan komunikatif tinggi, dan prinsip hubungan budaya serta antar bahasa cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ibnu Burdah, M.A
Uncontrolled Keywords: Praksis, pembelajaran, dan prinsip H. Douglas Brown
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 09:05
Last Modified: 05 Aug 2016 09:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21442

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum