MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIN JEJERAN BANTUL

SITI NADHIROH, SPDI, NIM. 1420411097 (2016) MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIN JEJERAN BANTUL. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIN JEJERAN BANTUL)
1420411097_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN SARANA PRASARANA PENDIDIKAN DALAM MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR DI MIN JEJERAN BANTUL)
1420411097_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Siti Nadhiroh, 1420411097 Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan dalam Memanfaatkan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di MIN Jejeran Bantul. Tesis. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Islam MKPI Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016 Banyak sekolah didirikan serta persaingan yang semakin ketat antar sekolah untuk berlomba-lomba memberikan fasilitas serta pelayanan maksimal menjadikan sekolah harus mempertimbangkan bagaimana mengelola sarana dan prasarana pendidikan termasuk di dalamnya yaitu pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar. Terdapat beberapa macam jenis sekolah dasar di Yogyakarta diantaranya yaitu MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi lebih lanjut mengenai konsep manajemen sarana dan prasarana pendidikan di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta, untuk mengetahui jenis lingkungan yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta dan untuk mengetahui cara memanfaatkan lingkungan sebagai sumber belajar di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode deskripsi dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan ilmu manajemen. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Sumber data penelitian ini yaitu; kepala madrasah, koordinator sarana prasarana madrasah, guru matapelajaran, peserta didik dan lain-lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1). Konsep manajemen sarana prasarana yang ada di MIN Jejeran Bantul diawali dengan kegiatan perencanaan dan diakhiri dengan kegiatan pertanggung jawaban/pembuatan laporan. Sarana prasarana sudah lengkap baik yang secara langsung digunakan dan menunjang proses pendidikan maupun fasilitas yang secara tidak langsung dalam proses belajar mengajar (PBM). (2). Jenis lingkungan yang dimanfaatkan sebagai sumber belajar di MIN Jejeran Bantul yaitu: (a). lingkungan sosial seperti; pasar, kantor kelurahan, pabrik, dan tempat pembuatan kerajinan. (b). Lingkungan personal, seperti; pengrajin batik, perwakilan dari kemenag dan dokter. (c). Lingkungan alam, seperti; kebun buah mangunan, pantai baru, pagar madrasah, kolam ikan, sawah, green house, kebun songo, perumahan sindet dan rumah dom di Piyungan. (d). Lingkungan kultural, seperti; keraton, taman sari, musium kota gede dan candi bawah tanah. (3). Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar di MIN Jejeran Bantul dilakukan dengan cara: survey, kemah, karya wisata dan mengundang narasumber ke madrasah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Subiyantoro, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: manajemen sarana prasarana pendidikan, lingkungan belajar, sumber belajar.
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 05 Aug 2016 10:08
Last Modified: 05 Aug 2016 13:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum