KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN REDUKSI CR (VI) OLEH BAKTERI INDIGENOUS DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

AHMAD ARSYADI, NIM. 12640024 (2016) KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN REDUKSI CR (VI) OLEH BAKTERI INDIGENOUS DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN REDUKSI CR (VI) OLEH BAKTERI INDIGENOUS DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12640024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KARAKTERISASI DAN UJI KEMAMPUAN REDUKSI CR (VI) OLEH BAKTERI INDIGENOUS DARI LIMBAH CAIR LABORATORIUM BIOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12640024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kromium heksavalen (Cr (VI)) merupakan logam berat yang memiliki potensial oksidasi tinggi sehingga dapat menyebabkan mutagenesis dan bersifat karsinogenik terhadap organisme hidup. Banyak bakteri yang telah diketahui resisten dan bahkan mampu mereduksi Cr (VI) menjadi bentuk yang lebih stabil (bersifat non-toksik) sehingga berpotensi untuk dijadikan agen bioremediasi. Penelitian ini bertujuan untuk menyeleksi dan mengidentifikasi isolat bakteri indigenous dari limbah cair Laboratorium Biologi UIN Sunan Kalijaga berdasarkan karakter fenotipik serta kemampuannya dalam mereduksi logam Cr (VI). Uji Reduksi Cr (VI) dilakukan menggunakan metode DPC (Difenilkarbazida) dilanjutkan dengan pengukuran kadar Cr (VI) residu yang mengacu pada SNI 6989.71:2009 tahun 2009. Selanjutnya, setiap isolat dikarakterisasi secara fenotipik meliputi morfologi koloni dan sel, karakter fisiologis, kemampuan fermentasi karbohidrat, serta karakter biokimiawi. Identifikasi dilakukan menggunakan metode profil matching dengan mengacu pada Bergey’s Manual of Determinative Bacteriology dan Bergey’s Manual of Systematic Bacteriology. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima isolat bakteri yang diuji (Nak 5, Nak 6, Nak 8, Nak 12, dan Nak 17) secara berurutan mampu mereduksi Cr (VI) 1000 ppm sebanyak 13,5%; 33,19%; 21,97%; 63,18%; dan 29,21%. Berdasarkan hasil identifikasi dan kontruksi dendogram, isolat Nak 5, Nak 6, Nak 8 masuk ke dalam genus Pseudomonas, serta isolat Nak 12 dan Nak 17 dalam genus Aeromonas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khusnuryani, S.Si., M.Si. dan Jumailatus Sholihah, S.Si., M.Biotech.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Kromium Heksavalen, Reduksi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Aug 2016 14:34
Last Modified: 23 Aug 2016 14:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21756

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum