KONSEP MARKETING DI BMT TAMZIS DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARI’AH

AKHYAR, SHI, NIM. 1420310059 (2016) KONSEP MARKETING DI BMT TAMZIS DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARI’AH. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSEP MARKETING DI BMT TAMZIS DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARI’AH)
1420310059_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (KONSEP MARKETING DI BMT TAMZIS DALAM PERSPEKTIF ETIKA BISNIS SYARI’AH)
1420310059_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang bagaimana etika marketing yang di jalankan BMT Tamzis, mengingat di tengah ketatnya persaingan antar lembaga keuangan syariah. BMT Tamzis berusaha terus untuk mempertahankan eksistensinya di tengah masyarakat. Dalam konsep berbisnis, masalah etika sangat diperlukan bagi mereka para pelaku bisnis, apalagi di era globalisasi sekarang ini yang orang cenderung menghalalkan segala cara untuk mencapai keinginannya. Maka yang menjadi fokus kajian disini adalah untuk menjawab beberapa persoalan, yaitu: 1) Bagaimana konsep marketing di BMT Tamzis ? 2) Bagaimana konsep marketing di BMT Tamzis dalam perspektif etika bisnis syariah ? Dilihat dari tempat dan lokasi penelitiannya, penelitian ini di kategorikan sebagai penelitian pustaka (library research). Peneliti ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etika bisnis, Yaitu sebuah penelitian yang di lakukan dengan cara mengumpulkan data-data yang ditemukan dilapangan berkaitan dengan konsep marketing yang dijalankan, untuk kemudian di analisa dengan menggunakan teori-teori etika bisnis syariah yang sudah di sediakan, guna mendapatkan suatu kesimpulan yang tepat sesuai dengan permasalahan yang ditemukan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa di BMT Tamzis tidak ada etika yang tertulis secara formal. Namun ada beberapa prinsip yang harus mereka aplikasikan ke dalam setiap aktivitas mereka. Seperti konsep LIFE (Learning, Integrity, Friendless dan Endurance). Konsep LIFE ini sudah sesuai dengan etika bisnis syariah, karena jika di urai lebih dalam lagi, maka konsep tersebut agak mirip dengan beberapa sifat Rasulullah saw (siddiq, amanah, fathanah dan tabligh). Disamping itu, bagi para marketer ada beberapa hal yang selalu di tekankan, yaitu; tidak boleh memberika maupun menerima hadiah, tidak boleh menjelek-jelekkan kompetitor, harus sopan dan sabar dalam melayani anggota dan mempunyai spritualitas yang tinggi. Namun karena tidak adanya aturan mengenai etika secara tertulis, maka pemahaman mereka tentang etika marketing-pun beragam

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Drs. H. Agus Triyanta. M.A., M.H., Ph.D.,
Uncontrolled Keywords: Etika Bisnis Syariah, Syariah Marketing, Marketing Islami.
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 09:46
Last Modified: 06 Sep 2016 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21873

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum