EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) DIKOLABORASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP

Muhammad Syafi’an, NIM. 10600065 (2016) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) DIKOLABORASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) DIKOLABORASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP)
10600065_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E (LC-7E) DIKOLABORASIKAN DENGAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP)
10600065_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Cycle 7E (LC-7E) dikolaborasikan dengan Numbered Head Together (NHT) terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada materi teorema Pythagoras siswa kelas VIII. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas, yaitu model pembelajaran LC-7E dikolaborasikan dengan NHT, sedangkan variabel terikatnya dalam penelitian ini adalah pemahaman konsep dan berpikir kritis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Yogyakarta 2015/2016, sedangkan sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest. Instrumen tes yang digunakan disusun berdasarkan indikator pemahaman konsep dan berpikir kritis. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji-t independent sampel t test untuk pemahaman konsep dan Mann-Whitney U-Test untuk tes berpikir kritis. Analisis pemahaman konsep menggunakan nilai gain hasil tes pemahaman konsep, yaitu nilai posttest dikurangi nilai pretest. Sedangkan analisis berpikir kritis menggunakan nilai posttest. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, model pembelajaran LC-7E dikolaborasikan dengan NHT lebih efektif daripada pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Efektivitas, Learning Cycle 7E (LC-7E), Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Learning Cycle 7E (LC-7E), Numbered Head Together (NHT), Pemahaman Konsep, Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Dec 2016 09:17
Last Modified: 01 Dec 2016 09:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22295

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum