KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA

YUNI WIRAGIL PROBO SANTOSO, NIM. 11220115 (2016) KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
11220115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KONSELING BEHAVIOR DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA BERPRESTASI RENDAH DI SMP MUHAMMADIYAH 2 MLATI SLEMAN YOGYAKARTA)
11220115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (428kB)

Abstract

Dalam ruang lingkup pendidikan, konseling sangat berpengaruh dalam mengembangkan mutu pendidikan terutama pada sekolah terkait, peran konseling yaitu membantu siswa yang mengalami problematika baik dalam hal prestasi belajar, sosial, maupun perilaku. Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati yang menunjukkan banyaknya siswa yang melakukan pelanggaran tata tertib sekolah. Salah satu program konseling di SMP Muhammadiyah 2 Mlati yang sudah berjalan yaitu konseling individu dengan pendekatan behavior. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan konseling behavior untuk meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang mengambil lokasi di SMP Muhammadiyah 2 Mlati. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data di lapangan yang kemudian akan dirangkum, diuraikan dalam bentuk narasi, kemudian ditarik suatu kesimpulan. Untuk keabsahan data, menggunakan teknik triangulasi serta mengkombinasikan dengan teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tahap-tahap konseling behavior dalam meningkatkan motivasi belajar siswa berprestasi rendah yang dilakukan guru BK SMP Muhammadiyah 2 Mlati Sleman Yogyakarta adalah : a). Assesment, b). Goal setting, c). Teknique implementation, d). Evaluasi dan pengahira, kemudian e). Tindak lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Slamet S.Ag., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Konseling Behavior, Motivasi Belajar, Siswa Berprestasi Rendah.
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 07 Oct 2016 09:30
Last Modified: 07 Oct 2016 09:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum