STUDI KOMPARASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MAHASISWA PEROKOK BERLATAR BELAKANG SANTRI DAN BUKAN SANTRI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

FATCHURROCHMAN TAUFIK, NIM. 12410261 (2016) STUDI KOMPARASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MAHASISWA PEROKOK BERLATAR BELAKANG SANTRI DAN BUKAN SANTRI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MAHASISWA PEROKOK BERLATAR BELAKANG SANTRI DAN BUKAN SANTRI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12410211_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (31MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA MAHASISWA PEROKOK BERLATAR BELAKANG SANTRI DAN BUKAN SANTRI JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
12410211_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

FATCHURROCHMAN TAUFIK. Studi Komparasi Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Pada Mahasiswa Perokok Berlatar Belakang Santri Dan Bukan Santri Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa idealnya mahasiswa PAI memiliki kemampuan ilmu agama yang lebih mumpuni dibanding dengan orang-orang umum, apalagi mahasiswa yang memiliki latar belakang pondok pesantren. Tentunya agama Islam identik dengan kebersihan, tetapi dalam pengamalanya masih terdapat mahasiswa PAI yang memiliki kebiasaan merokok. Oleh karena itu sangat penting diadakan penelitian tentang studi komparasi perilaku hidup bersih dan sehat bagi mahasiswa perokok berlatar belakang santri dengan mahasiswa perokok yang bukan santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sekaligus mengkomparasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) antara mahasiswa perokok yang berlatar belakang santri dengan mahasiswa perokok yang bukan santri. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan sosiologi.Obyek penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, semester 6 yang memiliki kebiasaan merokok baik santri maupun bukan santri, langkah yang ditempuh untuk memperolah data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) perilaku hidup bersih dan sehat bagi mahasiswa perokok yang berlatar belakang santri yaitu dalam menjaga kebersihan mengalami kesulitan seperti kurang memperhatikan asap rokok dan pola makan tidak teratur namun secara umum sudah cukup baik. (2) perilaku hidup bersih dan sehat bagi mahasiswa perokok yang berlatar belakang bukan santri tergolong baik, karena mayoritas mereka tinggal di tempat kos yang dapat di kontrol sendiri terkait hal-hal yang menurutnya baik, ataupun yang tidak. Tetapi perilaku kesehatan dalam menjaga kebugaran tubuh kurang mendapatkan perhatian. (3) komparasi perilaku hidup bersih dan sehat bagi mahasiswa perokok yang berlatar belakang santri dan bukan santri antara lain, kebersihan perseorangan mahasiswa perokok bukan santri lebih baik dari santri, namun perilaku kesehatan mahasiswa perokok santri lebih baik dari mahasiswa perokok bukan santri. Sedangkan pada kebersihan lingkungan relatif sama antara mahasiswa perokok santri dan bukan santri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Kebiasaan Merokok
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 17 Oct 2016 14:43
Last Modified: 17 Oct 2016 14:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22495

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum