KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI CRISIS SELF- ESTEEM (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

DRS SISMADI, NIM. 1420410036 (2016) KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI CRISIS SELF- ESTEEM (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI CRISIS SELF- ESTEEM (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410036_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSELING RATIONAL EMOTIVE BEHAVEOUR THERAPY BERBASIS ISLAM PADA SISWA YANG MENGALAMI CRISIS SELF- ESTEEM (STUDI EKSPERIMEN PADA SISWA MTS NEGERI BABADAN BARU SLEMAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
1420410036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Drs. Sismadi: Konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam Pada Siswa yang Mengalami Krisis Self Esteem (Studi Eksperimen Pada Siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016). Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan self-esteem siswa MTs Negeri Babadan Baru Sleman Tahun 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen yakni menggunakan konseling Rational Emotive Behaveour Therapy berbasis Islam dalam meningkatkan selfesteem siswa MTs N Babadan Baru Sleman. Teknik Purposive sampling digunakan untuk memperoleh subjek penelitian yang mengalami self-esfeem rendah. Subjek Penelitian adalah siswa MTs N Babadan Baru Sleman yang berjumlah 8 (delapan) orang yang mengalami self-esteem rendah. Pemberian layanan konseling dengan pendekatan Rational Emotive Behaviour Therapy berbasis Islam yang dilakukan secara kelompok berlangsung dalam 4 sesi dan setiap sesinya berlangsung sekitar 60-90 menit. Penelitian ini dirancang menggunakan one group pre-test and post-test design (desain perlakuan ulang) dengan mengukur sebelum diberikan perlakuan dan setelah diberikan perlakuan. Pengukuran self-esteem dilakukan dengan menggunakan skala self-esteem adopsi dari skala self-esteem Copersmith dengan modifikasi. Skala dimodifikasi dalam model skala Likert yang dikalibrasikan dengan uji validitas dan koefisien reliabilitas. Uji Validitas butir dihitung dengan memakai koefisien Alpha Cronbach Data penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis Uji Wilcoxon (Wilcoxon Signed Rangk Test). Uji analisis dihitung dengan bantuan program SPSS for windows seri 23. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Konseling Rational Emotive Behaviour Therapy berbasis Islam terbukti efektif meningkatkan self-esteem dari kategori rendah (pre-test) menjadi kategori tinggi (post-test) setelah perlakuan. Hasil analisis ditemukan bahwa terdapat pengaruh berupa peningkatan self-esteem siswa antara skor pre-test dan post-test dengan nilai sign = 0,012; p 0.05. Hasil analisis kuantitatif menunjukkan bahwa konseling Rational Emotive Behaviour Therapy berbasis Islam akan memberikan hasil yang lebih optimal apabila diberikan kepada subjek yang memiliki kapasitas intelektual rata-rata atas dan aktif selama terapi berlangsung.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nurjanah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: REBT, Berbasis Islam, self esteem
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 22 Nov 2016 15:19
Last Modified: 22 Nov 2016 15:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22642

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum