EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA

SEPTI YANA WULANDARI, NIM. 12600011 (2016) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600011_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERING) BERBANTUAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS KONTEKSTUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA)
12600011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) ada atau tidaknya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika (KAM) terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah; serta 2) lebih efektif mana pembelajaran REACT, pembelajaran REACT berbantuan LKS berbasis kontekstual dan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah quasi experiment design dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas berupa pembelajaran REACT, pembelajaran REACT berbantuan LKS berbasis kontekstual dan kemampuan awal matematika siswa serta variabel terikat yaitu pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Ngaglik tahun ajaran 2015/2016, dengan sampel penelitian siswa Kelas VII C sebagai kelas eksperimen 1 dengan treatment berupa pembelajaran REACT. Siswa Kelas VII A sebagai kelas eksperimen 2 dengan treatment berupa pembelajaran REACT berbantuan LKS berbasis kontekstual. Siswa Kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pretest-postest pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Anova satu jalur (One Way Anova) yang kemudian dilanjutkan uji Tukey dan uji Anova dua jalur (Two Way Anova). Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 15.0 dan Microsoft Excel 2007. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematika terhadap pemahaman konsep dan kemampuan pemecahan masalah siswa; 2) pembelajaran REACT lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa; 3) pembelajaran REACT berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa, dan; 4) pembelajaran REACT berbantuan LKS berbasis kontekstual lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran REACT terhadap pemahaman konsep maupun kemampuan pemecahan masalah siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: REACT, REACT berbantuan LKS berbasis Kontekstual, Pemahaman Konsep, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2016 13:57
Last Modified: 22 Dec 2016 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23218

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum