PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.6 KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

UMI MAULIDA, NIM. 12600010 (2016) PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP)MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.6 KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.6 KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SUBJECT SPECIFIC PEDAGOGY (SSP) MATEMATIKA PADA KOMPETENSI DASAR 3.6 KELAS VIII DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
12600010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan Subject Specific Pedagogy (SSP) matematika pada kompetensi dasar 3.6 Kelas VIII dengan pendekatan saintifik yang berkualitas untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model prosedural. Prosedur yang digunakan yaitu menurut Depdiknas yang diadaptasi dari Borg dan Gall yang disederhanakan menjadi 5 langkah yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) ujicoba lapangan skala kecil dan revisi produk, (5) ujicoba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, lembar skala penilaian, lembar soal pre-test dan post-test, dan lembar skala respon siswa. Berdasarkan penilaian ahli diperoleh hasil penelitian bahwa kualitas SSP matematika mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase keidealan 85,69%. Berdasarkan nilai post-test diperoleh hasil bahwa sebanyak 70% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sehingga telah berhasil memfasilitasi pemahaman konsep siswa pada kompetensi dasar 3.6. Selain itu, respon siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan SSP matematika dengan pendekatan saintifik mendapatkan kategori positif dengan persentase keidealan 78,08%. Oleh karena itu, SSP matematika pada kompetensi dasar 3.6 dengan pendekatan saintifik untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa telah memenuhi kriteria ketercapaian dan dapat dikatakan berkualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sintha Sih Dewanti, S.Pd.Si., M.Pd.Si.,
Uncontrolled Keywords: Specific Pedagogy (SSP), Pendekatan Saintifik, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 22 Dec 2016 15:25
Last Modified: 22 Dec 2016 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23234

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum